Tips Memilih Di Toko Oli Mobil Terdekat Dengan Tepat

Informasi mengenai cara memilih toko oli mobil terdekat bisa membantu dalam menentukan preferensi merek oli yang cocok untuk kendaraan. Oli merupakan elemen penting yang harus ditambahkan pada mesin kendaraan, karena jika kualitasnya menurun atau habis, bisa membuat kinerja mesin jadi lebih berat. Memilih oli sembarangan dan tidak sesuai rekomendasi juga bisa berdampak jangka panjang pada kendaraan.

Oli bisa membuat gesekan antar komponen mesin lebih terkendali. Ini membuat suhu di dalam mesin lebih stabil, tarikan jadi enteng, dan lebih irit bahan bakar. Banyak orang yang menyepelekan pentingnya peran ini dan kerap kali terlambat menggantinya. Jangan sampai Anda melakukan hal demikian, karena nanti akan menyesal di kemudian hari saat mobil mengalami kerusakan berat.

Tips Memilih Toko Oli Mobil Terdekat Yang Tepat

toko oli mobil terdekat

Butuh ketelitian bagi pemilik kendaraan dalam mengganti oli ini. Penggantian yang dilakukan tidak tepat waktu bisa membuat mesin jadi rusak. Oli yang terlalu lama tidak diganti bisa membuat gesekan antar komponen mesin tak terkendali dan sangat panas. Tentu anda tidak ingin terjadi hal demikian, dan berikut ini akan kami jelaskan bagaimana tips dalam memilih di toko oli mobil terdekat.

  • Cari Oli Yang Sesuai Dengan Mesin

Banyak orang yang masih keliru dalam memilih oli dan tidak sesuai dengan mesin kendaraan. SAE (society of automotive engineers) adalah parameter yang bisa dilihat dan dicermati pada saat memilih oli untuk mesin mobil. Umumnya, kode spesifikasi yang tertulis yaitu 15W-50, 15W-40, 5W-50 dan sebagainya.

Cara membacanya misalnya SAE 15W-50. Oli tersebut berarti memiliki kekentalan SAE-15 disaat kondisi suhu dingin dan kekentalan SAE-50 pada saat kondisi suhu panas. Dengan begitu, oli akan memberikan perlindungan maksimal sekalipun di suhu ekstrem seperti salju.

  • Memilih Oli Bersertifikasi

Tips memilih oli berikutnya yaitu carilah yang bersertifikasi. Pada kemasannya akan tertulis sertifikat oli yang diberikan oleh badan resmi. Beberapa lembaga yang mengeluarkan sertifikasi oli ini diantaranya ACEA, API, ILSAC, serta JASO. Dengan memilih oli bersertifikasi tentu kualitasnya akan standar. Ini akan memberikan kenyamanan bagi Anda yang sudah membeli oli dengan kriteria sesuai rekomendasi.

  • Memperhatikan Buku Panduan Pemilik Kendaraan

Salah satu cara paling mudah memilih jenis oli di toko oli mobil terdekat adalah dengan membaca buku panduan pemilik kendaraan. Biasanya, di buku tersebut akan dituliskan rekomendasi Oli apa yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Meskipun demikian, anda boleh saja tidak terpaku pada satu merek. Banyak pertimbangan misalnya harga maupun kualitas.

  • Memilih Oli Mineral Atau Sintetis

oli berkualitas

Berdasarkan bahan pembuatnya, oli dibedakan menjadi mineral dan sintesis. Oli mineral terbuat dari bahan mineral dari alam yaitu minyak bumi, sedangkan oleh sintetis terbuat dari bahan kimia yang memiliki sifat adiktif. Oli sintetis memiliki keunggulan yaitu lebih tahan terhadap perubahan suhu. Ini cukup bagus karena tentunya bisa menjaga mesin dalam kondisi suhu dingin maupun panas.

Akan tetapi, memang oli sintetis punya harga lebih mahal di toko oli mobil terdekat. Kisarannya bisa mencapai 2 sampai 4 kali lipat dari harga oli mineral. Bagi Anda yang ingin mendapatkan perlindungan maksimal, tentu tidak menjadi masalah meskipun harga oli sintetis di atas harga mineral. Perlindungan terhadap mesin jadi nomor satu meskipun mengeluarkan biaya lebih.

Baca Juga : Lokasi Bengkel Mobil Terdekat

Kesimpulannya, tips memilih di toko oli mobil terdekat penting bagi Anda supaya tidak keliru menetapkan merk yang dipakai untuk kendaraan. Dengan pemilihan yang tepat dan dilakukan oleh bengkel berpengalaman, mesin akan terlindungi dengan baik. Selanjutnya, kendaraan lebih nyaman, tarikan enteng, dan tentunya umur mesin jadi lebih lama.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *