Harus Tahu! Ini 8 Cara Cuci Mesin Mobil Sendiri yang Benar

Cara cuci mesin mobil merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui. Karena sudah seharusnya jika Anda memiliki kendaraan, maka harus dirawat dengan baik. Tidak hanya bagian luar saja, bagian dalam mobil Anda juga harus rutin Anda bersihkan.

Mencuci mesin mobil sebetulnya mudah untuk dilakukan jika Anda sudah mengetahui hal yang harus dilakukan dan hal yang harus dihindari. Anda harus teliti saat mencuci mesin mobil Anda agar performa mesin mobil Anda tetap terjaga.

Cara Cuci Mesin Mobil Sendiri yang Benar

Cara Cuci Mesin Mobil

Oleh sebab itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara cuci mesin mobil yang baik dan benar. Simak penjelasannya sampai habis agar Anda nantinya tidak salah saat ingin mencuci mesin mobil Anda dan berakibat fatal.

  1. Siapkan Peralatan yang Diperlukan

Cara cuci mesin mobil yang pertama adalah siapkan dahulu peralatan yang dibutuhkan. Sebelum mencuci mesin mobil, Anda perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Peralatan yang mesti disiapkan pada lain air mengalir, ember, selang, spons, sabun mobil, engine degreaser, dan lap cocok fungsinya. Peralatan tersebut merupakan peralatan standar yang diperlukan sementara proses pembersihan.

  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Cara cuci mesin mobil berikutnya adalah pilihlah lokasi yang tepat. Garasi merupakan tempat yang cocok digunakan untuk pembersihan mobil Anda. Tetapi, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih lokasi pembersihan mobil. Lokasi daerah membersihkan mesti mempunyai permukaan yang rata.

Selain itu, wilayah tersebut mesti punyai pencahayaan yang cukup. Cahaya ini bukan bersumber berasal dari matahari, melainkan penerangan lampu. Cahaya matahari justru akan membuat kabel menjadi lapuk dan enteng pecah.

Adapun daerah yang bersih dan jauh berasal dari api sanggup Anda jadikan pilihan. Pastikan lingkungan daerah membersihkan juga tidak akan merusak mesin mobil.

  1. Pastikan Mesin Mobil Dingin

Cara cuci mesin mobil selanjutnya adalah Anda mesti meyakinkan mesin mobil ini di dalam keadaan dingin. Hindari mencuci mesin mobil setelah Anda berkendara. Karena hal tersebut justru akan membuat mesin rusak.

Jika Anda baru saja mengendarai mobil, usahakan menanti 30 – 45 menit. Pastikan mobil sudah di dalam keadaan dingin. Selain itu, Anda juga dapat mencuci mesin mobil Anda di pagi hari sementara mesin belum digunakan.

  1. Bersihkan Debu dan Kotoran Kecil

Cara Cuci Mesin MobilLangkah awal langkah membersihkan mesin mobil yakni bersama membersihkan debu-debu ringan. Biasanya, debu atau kotoran ini enteng disapu bersama lap. Anda sanggup memulainya bersama menyapu permukaan sampai ke sela-sela mesin.

Pada bagian ini, Anda tidak membutuhkan air. Disini Anda cuma gunakan lap saja bisa. Mulai berasal dari langkah awal yang enteng ini, Anda akan bersemangat membersihkan mesin mobil.

  1. Mengambil Aki Mobil

Mengangkat aki mobil adalah bagian paling utama didalam cara cuci mesin mobil. Sebab, terhadap bagian selanjutnya Anda akan membersihkan anggota didalam mobil. Pada anggota didalam mobil biasanya terdapat banyak kotoran yang mesti dibersihkan.

Untuk membersihkan anggota tersebut, aki mobil mesti diangkat terutama dahulu. Selain itu, membiarkan aki mobil akan memastikan aliran listrik. Hal ini sanggup menghambat korsleting listrik sementara Anda membersihkan mesin mobil gunakan air.

Setelah mengangkat aki, pastikan simpan aki di daerah yang kering. Letakkan bersama baik baut-baut yang menempel sehingga tidak hilang sementara akan ditunaikan pemasangan ulang.

Baca Juga : Pengusir Tikus di Mesin Mobil

  1. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mobil

Setelah Anda sukses mengangkat aki mobil, sanggup dijamin proses selanjutnya akan terjadi aman. Sebab, cara cuci mesin mobil berikutnya Anda banyak gunakan air dan cairan pembersih mesin mobil.

Bagian kap mobil menjadi anggota pertama yang dibersihkan. Ini karena anggota tersebut merupakan mesin yang berada paling atas dan enteng dijangkau. Jika anggota ini dikesampingkan, kemungkinan besar kotoran akan jatuh ke anggota mesin yang sudah dibersihkan dahulu.

Anda dapat menggunakan sikat atau kuas karena alat ini lebih efektif untuk membersihkan debu dan kotoran yang membandel. Selain itu, gunakan juga cairan pembersih mobil agar pembersihan mobil menjadi lebih mudah.

Setelah seluruh anggota bawah kap mobil bersih, Anda sanggup memulai proses pembilasan. Dalam perihal ini mesti diperhatikan untuk membilas secara perlahan. Hal ini ditunaikan sehingga cipratan air tidak mengenai permukaan mesin lainnya.

  1. Bersihkan Mesin Secara Menyeluruh

Sebelum lebih detail lagi, Anda dapat membersihkan permukaan mesin yang lebih mudah terlebih dahulu. Untuk memudahkan bagian ini, Anda sanggup gunakan alat steamer uap. Cara kerja alat ini lumayan bersama menyemprotkan ke permukaan yang akan dibersihkan.

Steamer uap berfaedah untuk mengangkat kotoran bersama lebih cepat. Namun, Anda tidak mesti khawatir, tanpa alat itu pun Anda sanggup melakukannya secara mandiri. Pemanfaatan cairan pembersih mesin mobil sanggup menggantikan langkah kerja steamer uap.

Pertama, basahi permukaan mesin yang akan dibersihkan. Selanjutnya gunakan cairan pembersih dan sikat sehingga sanggup mengangkat kotoran yang membandel. Jika langkah ini tidak lumayan bersih, Anda sanggup gunakan alat degreaser.

Anda sanggup membersihkan secara menyeluruh sampai ke pori-pori kecil mesin mobil. Cara ini ditunaikan bersama menyiramkan air secara perlahan sampai membasahi seluruh anggota mesin. Jangan lupa untuk membarengi langkah ini bersama menggosok mesinnya.

Namun, pastikan bahwa Anda menggosokkan secara teratur. Maksudnya, memperhatikan arah Anda menggosok. Usahakan Anda menggosok bersama arah yang sama. Hal ini punya tujuan untuk jauhi ada goresan-goresan tidak beraturan terhadap mobil.

Setelah Anda percaya bahwa semua anggota mesin sudah dibersihkan, berikutnya bilas sampai bersih. Pastikan seluruh komponen mesin tidak meninggalkan busa lagi.

  1. Keringkan Mesin dan Pasang Kembali Aki

Cara Cuci Mesin Mobil

Setelah Anda sudah yakin komponen mobil bersih menyeluruh, cara cuci mesin mobil terakhir adalah mengeringkan mobil. Anda harus cermati cara ini agar nantinya tidak ada karat pada mesin mobil Anda karena langkah mengeringkan yang tidak benar.

Keringkan komponen mesin gunakan lap plas chamois. Selain itu, Anda dapat mengeringkan mesin mobil dengan membuka kap mesin mobil selama 2 – 3 jam. Jika Anda membawa alat kompresor sanggup Anda gunakan untuk mengeringkan mesin lebih cepat.

Jika Anda sudah percaya seluruh anggota mesin sudah kering, Anda sanggup ulang memasang aki mobil. Ambil dan rakit ulang baut-baut yang diperlukan dalam pemasangan aki. Berhati-hatilah di dalam menempatkan aki ke mesin mobil.

Selanjutnya, Anda sanggup mencoba menyalakan mesin mobil. Hal ini punya tujuan untuk meyakinkan tidak terjadi korsleting sehingga mesin selamanya terjadi layaknya seharusnya. Dengan begitu, langkah safe tahapan pembersihan mesin mobil Anda sanggup dipastikan sukses.

Itulah tadi beberapa cara cuci mesin mobil sendiri yang baik dan benar. Jika Anda merasa kesulitan atau tidak mempunyai cukup waktu luang untuk mencuci mobil Anda, maka Anda dapat membawa mobil Anda ke tempat cuci mobil agar lebih mudah. Semoga informasi tentang cara cuci mesin mobil ini bisa bermanfaat untuk Anda kedepannya.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?