6 Tips Perawatan Mesin Diesel Yang Harus Rutin Anda Lakukan

Perawatan mesin diesel memanglah tidak bisa dianggap remeh. Apalagi sekarang ini mobil yang bermesin diesel sedang banyak disenangi orang. Harga yang lebih terjangkau serta bervariasi menyebabkan mesin diesel makin ramai penjualannya di pasaran, lebih-lebih bagi mobil. Dahulu, orang-orang mungkin hanya mengetahui mesin diesel dipakai oleh kendaraan besar seperti truk saja. Tetapi setelah teknologi common rail direct injection hadir, dalam beberapa tahun terakhir populasi dan peminat mesin diesel semakin bertambah.

Dahulu, suara dari mesin diesel agak kasar. Tetapi, sekarang ini sudah banyak mobil bermesin diesel yang suara mesinnya sudah tidak kasar lagi, dan juga lebih responsif serta konsumsi bahan bakarnya lebih efektif.

Tips Perawatan Mesin Diesel

Perawatan Mesin Diesel

Semakin banyak penjualannya, maka makin banyak juga pemilik mobil bermesin diesel di Indonesia. Pemilik mobil dengan mesin diesel wajib merawat mobilnya supaya awet serta tetap nyaman saat dikendarai dalam jangka waktu lama. Perhatian spesifik perlulah diberikan kepada mesin diesel pada mobil Anda supaya performa tetap prima dan optimal selalu. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips yang mampu Anda terapkan untuk perawatan mesin diesel Anda.

  1. Memanaskan Mesin Sebelum Dipakai

Tips perawatan mesin diesel yang pertama adalah panaskan mesin mobil Anda sebelum digunakan. Ketika mobil ingin dipakai, sebaiknya panaskan terlebih dahulu mesin mobil Anda kira-kira 5 – 10 menit. Hal tersebut bertujuan supaya oli dapat bersirkulasi dan melumasi komponen yang ada di dalam mesin mobil Anda.

  1. Memilih Oli yang Sesuai

Hal yang tak boleh dilewatkan kala perawatan mesin diesel yaitu penggunaan oli yang sesuai. Seperti yang Anda ketahui, banyak oli yang beredar di pasaran, dimana secara lazim oli mesin berguna untuk pendingin suhu mesin, membersihkan dan juga menjaga komponen penyusun mesin mobil.

Gunakan oli mesin dengan spesifikasi yang disarankan oleh pabrikan mobil Anda dan melaksanakan penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang ada di buku manual atau buku servis mobil Anda.

  1. Pakai Solar yang Berkualitas

Perawatan mesin diesel dapat juga Anda lakukan dengan memakai bahan bakar yang berkualitas, layaknya solar yang punya takaran Cetane Number (CN) tinggi atau takaran sulfur yang lebih rendah.

Solar dengan takaran CN tinggi dan takaran sulfur rendah sekarang ini sudah banyak tersedia di beraneka SPBU di Indonesia. Takaran sulfur yang tinggi dapat merusak komponen injektor dan membawa dampak pembakaran menjadi tidak sempurna. Sebaliknya, takaran sulfur rendah dapat membawa dampak pada emisi gas buang, saluran bahan bakar, filter solar, dan ruang bakar lebih bersih.

Seperti yang Anda ketahui, Solar bersubsidi menjadi jenis bahan bakar dengan CN paling rendah, yaitu CN 48 dan sulfur 3.500 part per million (ppm). Sedangkan solar yang non subsidi punya nilai CN 51 dan takaran sulfur sekurang-kurangnya 1.200 ppm. Dan solar yang lebih baik kembali punya nilai CN 53 dengan takaran sulfur di bawah 300 ppm.

Baca Juga : Cara Cuci Mesin Mobil

  1. Jangan Telat Mengganti Filter Bahan Bakar

Penggantian filter bahan bakar sebetulnya perlu dijalankan gara-gara filter bahan bakar dapat digunakan untuk menyaring takaran solar yang kadang kala masih terdapat air atau kotoran. Hal tersebut dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna dan bahkan bisa menyebabkan mobil Anda mogok.

Pastikan filter bahan bakar diganti sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang mengacu terhadap buku manual atau buku pelayanan kendaraan untuk menghindari masuknya air atau kotoran pada mesin diesel.

  1. Ganti Filter Udara

Proses pembakaran terhadap mesin yang sempurna tergantung dari faktor udara bersih. Tetapi, seringkali debu atau kotoran yang sangat kecil terbawa masuk lewat pori-pori filter udara oleh angin. Debu dan kotoran yang masuk lewat filter udara dapat menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

  1. Servis Rutin di Bengkel

Perawatan Mesin DieselSeperti mobil lainnya, mobil bermesin diesel juga harus melakukan servis berkala di bengkel. Usahakan untuk melakukan servis di bengkel resmi. Hal ini gara-gara di bengkel resmi mempunyai montir ahli yang dapat menangani beraneka ragam masalah pada mobil Anda, terhitung mesin diesel lengkap dengan beraneka peralatan yang dibutuhkan.

Sebagai pengingat, mobi diesel sekarang ini sudah disematkan teknologi Injector Common-Rail. Mintalah bagian ini untuk dicek dan juga dibersihkan secara berkala.

Nah, itulah tadi beberapa tips perawatan mesin diesel yang perlu Anda lakukan dengan rutin. Dengan perawatan mesin diesel yang rutin, Anda bisa menjaga kondisi mobil Anda yang menggunakan mesin diesel dengan mudah, biaya perawatan pun akan berkurang dikarenakan akan jarang lakukan perawatan secara teknis.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?