Beberapa Penyebab Mobil Matic Nyentak Yang Sering Ditemui

Beberapa penyebab mobil matic nyentak memang penting diketahui oleh para pemiliknya, karena jika mulai ada tanda-tanda awal bisa langsung diperbaiki. Pada umumnya, memang penyebab awalnya adalah hal sepele, tetapi jika dibiarkan terus-menerus tanpa perbaikan maka akan terjadi kerusakan lebih luas. Hentakan mobil akan membuat pengendara maupun penumpang jadi tidak nyaman.

Mobil matic sendiri memang punya karakteristik yang cukup berbeda dengan mobil manual. Di kota-kota besar, jenis matic memang lebih banyak disukai karena meminimalisir kelelahan akibat kemacetan lalu lintas. Anda tidak perlu sering-sering oper gigi dan kopling dalam menghadapi banyaknya jalanan perkotaan.

5 Penyebab Mobil Matic Nyentak

Hentakan yang dirasakan pada saat Anda mengendarai mobil matic, tentu mengganggu konsentrasi anda berkendara. Jika mulai terasa, anda tidak usah panik atau kuatir dan segera mengambil beberapa tindakan untuk diperbaiki ke bengkel. Adapun 5 penyebab mobil matic nyentak, adalah sebagai berikut:

  • Kondisi Oli Sudah Kotor

oli mobil sudah kotor

Penyebab pertama yang bisa membuat mobil nyentak yaitu kondisi polisi yang sudah sangat kotor. Ini disebabkan umurnya yang sudah lama dan memang sudah masanya untuk harus diganti. Komponen dalam mobil yang terus bergerak dapat mengakibatkan hentakan secara mendadak dan biasanya mengalami perpindahan gigi dengan otomatis.

  • Masalah Pada Bagian AT Solenoid

masalah pada AT Solenoid

Penyebab berikutnya yaitu karena AT solenoid yang bermasalah. Seperti yang diketahui, bagian ini merupakan komponen yang bekerja dengan mekanisme elektrik berdasarkan perintah TCM (Transmission Control Module). AT Solenoid digunakan untuk pengaturan aliran oli dengan mengaktifkan sejumlah komponen, misalnya brake dan clutch.

  • Keausan Pada Komponen Clutch dan Brake

Penyebab mobil matic nyentak berikutnya ialah keausan pada komponen brake dan clutch. Kedua bagian ini merupakan hal yang sangat penting perannya pada sebuah mobil matic. Komponen penyusunnya terdiri atas susunan plat kopling basah yang saling bergesekan satu dengan yang lain.

Jika komponen pada brake dan clucth ini sudah aus, maka fungsinya tidak optimal. Kedua bagian tersebut tidak akan dapat terhubung dengan lancar, sehingga dapat mengakibatkan mobil menjadi menghentak dengan sendirinya. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan Anda harus memperhatikan 2 komponen itu agar jangan sampai aus.

  • Masalah Pada Komponen Elektrik

Masalah Pada Komponen Elektrik mobil

Masalah pada komponen elektrik bisa juga jadi penyebab mobil matic nyentak. Seperti yang diketahui, kebanyakan mobil di zaman sekarang sudah menggunakan sistem kontrol secara elektrik. Sistem ini memiliki nama lain juga sebagai TCM (Transmission Control Module).

Sistem ini di dalamnya biasanya terdapat sejumlah komponen, seperti PC transmisi, sensor, serta aktuator yang fungsinya untuk pengaturan cara kerja brake dan AT Clutch. Apabila terjadi permasalahan di bagian komponen sistem elektrik, maka imbasnya mobil matic jadi terasa menghentak.

  • Salah Menyetel Kabel Accelerator Kickdown

Salah Menyetel Kabel Accelerator Kickdown

Bagian accelerator kickdown biasanya ditemukan pada mobil keluaran dahulu, dan untuk membeli sekarang memang biasanya tidak lagi mempergunakan kabel ini. Letaknya umumnya di bagian throttle valve yang biasanya jadi 1 bagian dengan kabel accelerator pedal gas. Jika penyetelannya tidak pas, maka mobil anda bisa mengalami hambatan dan terjadi hentakan.

Baca Juga : Ganti Oli Mobil Terdekat

Kesimpulannya, penyebab mobil matic nyentak memang perlu diketahui agar kerusakan tidak semakin meluas. Kenyamanan dan keamanan berkendara tentu harus menjadi prioritas utama dan caranya adalah melakukan perawatan rutin. Permasalahan hentakan yang sengaja dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa berakibat ke banyak komponen mobil dan kerusakan bisa jadi lebih berat.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?