Apakah Anda tahu berapa harga dinamo kipas radiator mobil? Dinamo kipas radiator mobil merupakan salah satu komponen penting pada radiator mobil Anda. Bagaimana tidak, dinamo kipas radiator mobil memiliki fungsi untuk membantu memutarkan kipas radiator sehingga dapat membantu mendinginkan kipas radiator dan mobil terhindar dari overheat. Untuk itu Anda perlu mengetahui harga dinamo kipas radiator mobil.

5 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Bisa Berputar

Harga Dinamo Kipas Radiator MobilSebelum mengetahui harga dinamo kipas radiator mobil, ada baiknya Anda  mengetahui terlebih dahulu penyebab kipas radiator tidak bisa berputar. Penyebabnya memanglah beragam, tetapi rata-rata sepele dan dapat diatasi. Anda harus rutin merawat radiator mobil Anda agar tidak terjadi kerusakan. Karena radiator mobil merupakan komponen yang penting pada mobil Anda. Selain itu, kerusakan pada radiator mobil dapat menyebabkan mobil hingga turun mesin.

  1. Drive belt Putus

Penyebab pertama kipas radiator mobil tidak bisa berputar adalah putusnya dirve belt. Percikan oli di permukaan belt merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan drive belt kipas putus.

Sabuk yang terbuat berasal dari karet ini berbentuk kering, terkecuali ada pelumas baik oli mesin atau oli power steering tumpah ke permukaan sabuk maka mampu membuat drive belt slip. Hal ini tentu dapat membuat panas yang mampu menggerus habis karet sabuk. Sehingga drive belt putus dan bukan cuma kipas radiator, melainkan komponen layaknya pompa power steering dan alternator terhitung tidak berfungsi.

  1. Sekring Kipas Putus

Fuse atau sekring fungsinya sebagai pengaman suatu kronologis elektrikal. Jika terdeteksi ada arus terlalu berlebih yang mengalir lewat fuse maka sekring dapat terputus. Saat sekring putus maka kronologis menjadi terputus dan terkecuali kronologis tersebut merupakan kronologis kipas pendingin maka kipas dapat mati.

Jika Anda mengecek fuse fan lantas ditemui putus, maka jangan segera diganti dengan yang baru dikarenakan terkecuali Anda menggantinya dengan fuse cadangan dengan kapasitas mirip maka fuse mampu ulang terputus.

Mengapa ? fuse tidak dapat terputus terkecuali aliran arus stabil, terkecuali ada aliran berlebih maka itu menandakan ada yang tidak beres terhadap kronologis elektrikal, dalam perihal ini short to ground menjadi penyebab paling sering.

Sebelum Anda mengganti fuse kipas dengan yang baru, pastikan untuk mengecek kronologis kipas apakah ada yang terbakar. Dan jangan dulu mengganti fuse dengan kapasitas lebih tinggi, dikarenakan terkecuali ada aliran arus yang besar maka mampu membakar kronologis elektrikal kipas.

  1. Kabel Kipas Putus

Terkadang perihal yang dikira terhitung muncul, terhitung kabel yang putus. Hal ini mampu saja diakibatkan ada tikus yang masuk ke ruang mesin dan menggerogoti kabel elektrikal mesin, lebih-lebih terkecuali mobil Anda terparkir di pinggir jalur dekat selokan maka Anda kudu waspada dengan kehadiran tikus terhadap ruang mesin.

Jika kabel ini putus maka Anda cuma kudu menyambungkan ulang memanfaatkan bantuan selotip sebagai isolator. Namun, terkecuali perihal ini berlangsung maka Anda kudu lakukan sebagian langkah sehingga tikus tidak masuk ke ruang mesin dikarenakan terkecuali yang digigit itu kabel sensor mesin maka mesin mampu tidak karuan kinerjanya. Dan terkecuali sensor memiliki lanjutan maka pembacaannya mampu tidak akurat.

Baca Juga : Daftar Harga Air Radiator Mobil Avanza di Bengkel Terbaik

  1. Resistor Di Dalam Kipas Putus

Masalah ini berlangsung dikala situasi fuse dan kronologis kipas normal tapi kipas tidak rela hidup lebih-lebih dikala AC dinyalakan. Masalah lain yang timbul adalah kipas hidup tapi segera berputar terhadap kecepatan tinggi dalam kala singkat. Hal ini mampu menandakan ada problem dalam kontrol kipas.

Secara umum ada dua hingga tiga kecepatan kipas pendingin. Kecepatan pertama dapat dilewati terhadap dua buah resistor, kecepatan ke-2 dilewatkan terhadap satu resistor dan kecepatan ketiga tidak dilewatkan resistor. Kecepatan satu dan dua akan otomatis tidak dapat berfungsi kalau resistor terbakar atau meningkat resistansinya.

Solusi untuk masalah ini yaitu penggantian, baik penggantian unit resistor maupun penggantian satu unit kipas pendingin. Disarankan misalnya mobil Anda masih dalam masa waktu garansi, klaim saja masalah ini terhadap dealer area Anda belanja mobil.

  1. Sensor Air Pendingin Bermasalah/terlepas

Sensor air pendingin atau dikenal dengan ECT (Engine Coolant Temperature sensor) bermanfaat untuk mendeteksi suhu air pendingin. Cara kerja sensor ECT yaitu dengan memanfaatkan sebuah thermistor yang memiliki nilai tahanan berubah cocok dengan suhu sekitar. Jika diberikan tegangan referensi 5 volt maka tegangan output yang lewat thermistor mampu dibawah 5 volt berubah-ubah terkait panas air pendingin.

Tegangan output ini dikirimkan sebagai isyarat pembacaan suhu air pendingin untuk menyalakan kipas pendingin. Jika thermistor terhadap sensor rusak maka tegangan output mampu 0 lebih-lebih 5 volt, terkecuali ECU terima tegangan balik terhadap angka tersebut maka ECU dapat mendeteksi ada kerusakan terhadap rangkaian elektrikal proses pendingin.

Sehingga untuk menjauhi overheat ECU dapat berikan perintah sehingga kipas tetap menyala meski mesin dalam situasi mati terkecuali kunci kontak diputar posisi OFF. Ini dapat menyebabkan masalah berbentuk kipas yang nyala terus. Solusinya, Anda kudu cek sensor ECT apakah terputus atau lebih-lebih rusak.

Inilah Harga Dinamo Kipas Radiator Mobil yang Terbaru

Setelah Anda mengetahui penyebab kipas radiator mobil tidak bisa berputar, sekarang saatnya Anda mengetahui harga dinamo kipas radiator mobil yang terbaru. Harga dinamo kipas radiator mobil memanglah beragam. Tetapi perlu Anda ingat, harga yang akan disebutkan di bawah tidak bisa Anda jadikan sebagai patokan, tetapi hanya sebagai perkiraan saja.

Harga dinamo kipas radiator mobil Denso adalah sekitar Rp 220.000 sampai Rp 290.000. Tetapi, bisa saja berbeda tergantung dari dimana Anda membelinya. Harga dinamo kipas radiator mobil memanglah tidak terlalu mahal. Tetapi, dengan harga tersebut  bukan berarti Anda bisa seenaknya saja tidak merawat mobil Anda. Sebaiknya Anda rajin untuk merawat mobil Anda agar bisa mengurangi pengeluaran. Itulah tadi perkiraan harga dinamo kipas radiator mobil yang terbaru.

0 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Sudah Tahu? 5 Cara Mengatasi Air Radiator Cepat Panas Sendiri

Cara mengatasi air radiator cepat panas merupakan informasi yang perlu untuk Anda…

4 Tips Bersihkan Saringan AC Mobil Sendiri di Masa Pandemi

Kapan terakhir kali Anda bersihkan saringan AC mobil? Jika Anda jarang membersihkan…