5 Penyebab Busi Mobil Hitam yang Harus Anda Ketahui

Tahukah Anda, apa penyebab busi mobil hitam? Busi mobil yang tiba-tiba menghitam merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh orang yang memiliki mobil. Anda sudah membersihkannya, tetapi nanti akan menghitam lagi.

Padahal, busi pada mobil Anda merupakan komponen yang penting pada kendaraan Anda, terutama pada sistem pembakaran pada mesin mobil Anda. Busi juga bisa menjadi indikator performa mesin pada mobil Anda. Apakah mesin pada mobil Anda dalam kondisi yang prima untuk Anda pakai berkendara atau tidak.

Sebenarnya, penyebab busi mobil hitam adalah akibat dari proses pembakaran yang terjadi pada mesin mobil. Seperti yang Anda ketahui, ujung busi dan klep terletak di ruang pembakaran.

Mesin yang keadaan pembakarannya normal bisa Anda lihat dari sekitar ujung busi akan berwarna cokelat keabu-abuan secara merata. Selain itu, pada bagian ujung busi juga kondisinya terlihat bersih, tidak ada kerak yang menumpuk akibat dari sisa proses pembakaran pada mesin.

Jika terdapat kerak hitam pada busi, umumnya hal itu disebabkan disebabkan karena terlalu banyak bahan bakar yang digunakan pada proses pembakaran dan oli yang mengalami kebocoran sehingga masuk ke ruang pembakaran. Kedua hal tersebut mengakibatkan pembakaran pada mobil menjadi tidak sempurna.

Penyebab Busi Mobil Hitam

Tetapi, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan secara lengkap penyebab busi mobil hitam. Simak penjelasan di bawah sampai habis agar Anda memahami penyebab busi mobil hitam dengan baik.

  1. Filter Udara Pada Mobil Anda Kotor

Penyebab Busi Mobil Hitam

Hal pertama yang menjadi penyebab busi mobil hitam adalah akibat filter udara pada mobil Anda kotor dan tersumbat. Filter udara memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dan debu sebelum saat masuk ke dalam area bakar.

Jika debu dan kotoran dibiarkan menumpuk, maka lama kelamaan akan membentuk gumpalan yang mengendap di permukaan filter, bahkan kadang ada kotoran yang debu yang turut terhisap masuk ke dalam intake sehingga sering menjadi penghalang bagi udara untuk masuk ke intake. Akhirnya, filter udara menjadi tersumbat dan udara bersih tidak bisa masuk ke ruang pembakaran.

Filter udara yang tersumbat dapat mempengaruhi performa mesin secara langsung. Biasanya mesin menjadi tidak bertenaga dan bahan bakar menjadi lebih boros. Selain itu, jumlah bahan bakar yang terlampau banyak terhitung sering menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Efeknya, hasil pembakaran sering menyisakan jelaga hitam yang lumayan banyak sehingga menyebabkan menyebabkan busi mobil menjadi hitam kering.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Bau AC Mobil yang Mengganggu

  1. Ignition Coil Mengalami Masalah

Ignition coil yang melemah dapat mempengaruhi besaran percikan api yang akan muncul di busi. Campuran udara dan bahan bakar akan dikompresi oleh piston, tekanan kompresi dapat mempengaruhi hasil percikan api yang muncul di kepala busi.

Ketika ignition coil melemah, maka percikan api terhadap busi dapat berubah dan mengecil. Efeknya, kemampuan percikan api busi untuk membakar campuran bahan bakar terhadap pas yang pas menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna sehingga dapat muncul jelaga yang menjadi penyebab busi mobil hitam.

  1. Jenis Busi yang Digunakan Tidak Sesuai Spesifikasi Mobil

Penyebab busi mobil hitam yang selanjutnya adalah penggunaan jenis busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Perlu Anda ketahui, busi mobil terbagi menjadi dua, yaitu busi panas dan busi dingin.

Penggunaan busi yang tidak cocok dapat menyebabkan sistem pembersihan keramik terhadap busi menjadi tidak optimal.

Akibatnya kerak yang seharusnya mampu terbuang oleh suhu yang panas di mesin menjadi terus melekat terhadap kepala busi. Hal ini menyebabkan percikan api terganggu, pembakaran tidak sempurna sampai akibatnya muncul jelaga hitam di kepala busi.

  1. Bahan Bakar Tidak Cocok Dengan Spesifikasi

Bahan bakar yang tak cocok dengan spesifikasi mesin terhitung mampu menjadi penyebab busi mobil hitam dan basah. Anda harus mencermati kandungan oktan di dalam bahan bakar sehingga cocok bersama dengan standar acuan pabrik. Misalnya, terkecuali tertulis kompresi mesin 9,0:1, maka Anda dapat memanfaatkan bahan bakar yang memiliki kandungan oktan sekurang-kurangnya 88 sampai 90.

Jika tertulis kompresi 10-11:1, maka harus memanfaatkan bahan bakar berkadar oktan 92. Jangan sampai Anda mengisi mobil dengan bahan bakar yang kandungan oktannya di bawah angka yang disarankan. Hal ini mampu mengakibatkan endapan timbal dan melembabkan elektroda besi.

  1. Oli Bocor Pada Seal Klep

Penyebab Busi Mobil Hitam

Penyebab busi mobil hitam yang terakhir adalah akibat adanya kebocoran oli terhadap anggota seal klep. Kebocoran oli terhadap seal klep dapat menyebabkan oli masuk ke area bakar melalui batang klep dan jatuh ke area bakar.

Masuknya oli ke dalam area baar tentu dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna lagi, bahkan campuran hawa bahan bakar dapat tercampur bersama dengan zat-zat kimia di dalam oli mesin. Akibatnya, pembakaran tidak sempurna dan busi mobil menjadi hitam pekat bahkan basah bersama dengan oli mesin. Tak jarang pula asap knalpot yang dihasilkan dapat terlampau tebal.

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab busi mobil hitam. Jika penyebab busi mobil hitam adalah karena bahan bakar, entah itu jumlahnya terlampau banyak atau kandungan oktannya tak sesuai, maka Anda mampu mengatasi hal tersebut secara mandiri. Akan tetapi, jikalau persoalannya menyangkut kebocoran oli atau filter udara kotor, lebih baik Anda membawa mobil Anda ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan perbaikan.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?