3 Masalah Kelistrikan Mobil Mati Total Dan Solusinya

Dari banyaknya penyebab kelistrikan mobil mati total, Anda mesti mengetahui paling tidak beberapa di antaranya agar tanggap saat menemukan permasalahan awal. Sistem kelistrikan mobil yang bermasalah bisa berdampak pada sejumlah fungsi komponen lainnya seperti AC, lampu, starter dan sebagainya. Oleh karenanya, sebaiknya sebagai pemilik mobil rutin mengambil tindakan perbaikan.

Komponen Yang Harus Dicek Saat Kelistrikan Mobil Mati Total

Bengkel Mobil Makassar

Sebenarnya, Ada sejumlah kemungkinan yang bisa membuat sistem kelistrikan mobil mati total. Saat hal tersebut terjadi, Anda dapat memeriksa beberapa komponen yang mungkin terganggu. Berikut ini contoh komponen yang mengalami masalah tersebut.

  1. Permasalahan Pada Aki

Aki adalah salah satu komponen penyebab kelistrikan mobil mati total karena dalam sistem kelistrikan komponen ini punya peranan penting untuk memasok aliran listrik di kendaraan. Jika bagian ini mengalami masalah, bisa dipastikan secara keseluruhan sistem kelistrikan mobil terkena dampaknya. Ada beberapa kemungkinan kerusakannya. Akan tetapi yang paling sering ditemukan adalah aki sudah aus. Penyebabnya tentu adalah pemilik kendaraan yang tidak peka untuk melakukan pengisian air aki saat sudah waktunya.

Untuk memeriksanya, Anda dapat melihat lampu indikator di dashboard. Dalam keadaan normal, aki yang berfungsi dengan baik akan menunjukkan indikator biru. Namun jika berwarna merah, maka dapat dipastikan terjadi permasalahan. Selain itu, kabel yang sudah berkarat lambat laun bisa memberikan dampak sama yaitu terganggunya aliran listrik.  Untuk mengatasinya Anda harus membersihkan terminal aki dan jika sudah parah, sebaiknya ganti dengan yang baru.

  1. Permasalahan Pada Alternator

Masalah ini sering membuat kelistrikan mobil mati total serta dalam perbaikannya juga dibutuhkan kemampuan khusus. Ada beberapa masalah yang umumnya terjadi di bagian alternator, diantaranya adalah berikut ini :

    • Gulungan Kawat Tembaga Terputus

Gulungan kawat tembaga terputus bisa dibilang sulit dideteksi tanpa alat khusus. Gejala kerusakan tersebut umumnya bisa mempengaruhi piranti yang tergantung sistem kelistrikan yang berjalan secara keseluruhan. Disamping itu, audio dan cahaya lampu juga akan berkurang kualitasnya. Jika sudah terlalu parah, maka bisa berpotensi membuat mesin mati mendadak dan sulit dihidupkan kembali.

    • Kabel Mengalami Korosi

Terjadinya korosi pada kabel atau berkarat juga dapat mengganggu aliran listrik terutama yang langsung berhubungan dengan aki. Apabila kondisi ini menimpa mobil Anda, dapat dipastikan sistem kelistrikan tidak akan berjalan normal. Termasuk juga dalam menghidupkan starter pasti akan mengalami kendala.

    • Brush atau Arang Habis

Brush atau Arang yang sudah habis, juga akan berdampak terhadap kinerja alternator, khususnya pada bagian medan magnetnya. Pada tahap tersebut aliran listrik yang semestinya mengalir ke sejumlah komponen lainnya akan terganggu bahkan tidak bisa terbentuk sama sekali. Kendala tersebut umumnya terjadi karena penggunaan berlebihan. Tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru.

  1. Permasalahan di Bagian Voltage Regulator

Penyebab kelistrikan mobil mati total umumnya juga karena permasalahan pada voltage regulator. Bagian ini akan mengalami permasalahan atau gangguan apabila memang terdapat problem juga di bagian aki dan alternator. Untuk mengeceknya tidak terlalu sulit karena bisa dikenali penyebabnya secara jelas. Gejala tersebut yaitu putusnya sekring serta bohlam lampu, dengan frekuensi sangat sering.

Baca Juga : Turun Mesin Mobil

Itulah sejumlah komponen yang bisa menyebabkan kelistrikan mobil mati total. Jika Anda mengalaminya dan tidak bisa melakukan perbaikan sendiri, tentunya harus dilakukan pada bengkel berpengalaman dan profesional. Salah satu rekomendasi bengkel tersebut adalah Dokter Mobil. Dengan dukungan teknisi berpengalaman serta peralatan yang lengkap, maka proses perbaikan sistem kelistrikan mobil menjadi lebih cepat.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?