Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Beserta Solusi Perbaikannya

Mengalami kondisi AC mobil tidak dingin memang sungguh tidak menyenangkan, dan juga bisa menjadi tanda awal adanya kerusakan pada sistem pendinginan kendaraan. Tentunya, kita akan merasa tidak nyaman dan khawatir tiba-tiba kondisi AC mobil tidak dingin seperti biasanya. Kekhawatiran ini ini memang patut dimiliki karena kerusakan bisa saja merambat pada bagian mobil yang lain.

Sebagai pemilik kendaraan, tentulah Anda tidak boleh mengabaikan kerusakan sekecil apapun pada bagian AC ini. Mobil yang  tidak memiliki pendinginan bagus, tentunya tidak akan membuat siapapun betah berlama-lama di dalamnya. Apalagi jika di tengah kemacetan, dimana suhu dalam kabin pasti akan sangat panas.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

mesin mobil bunyi nging

Kendala berupa AC mobil tidak dingin, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum permasalahan ini:

  • Kehabisan Freon Atau Kurang

Kendala utama yang sering dihadapi pada sistem pendinginan adalah freon yang memang sudah habis. Sebenarnya, pada dasarnya freon tidak akan habis jika memang tidak ada kebocoran. Faktor penyebab bocornya freon ini bisa beragam, mulai dari komponen karet yang sudah lapuk termakan usia, sampai dengan ketidakberesan pada valve kompresornya.

  • Filter AC yang Tersumbat

Sesuai namanya, filter AC berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran. Apabila malas membersihkan bagian ini sampai dengan kotorannya sangat menumpuk, sirkulasi udara dipastikan tidak akan berjalan optimal. Walaupun AC dihidupkan, hawa dingin tidak akan terasa karena tersumbat oleh debu yang pekat tersebut. Jadi, lakukan perawatan pembersihan filter ini dalam jangka waktu tertentu.

  • Motor Extra Fan Lemah Atau Mati

Masalah lainnya pada sistem pendinginan yang mengakibatkan AC mobil tidak dingin adalah motor extra fan yang lemah atau mati. Jika hal ini terjadi maka proses kondensasi di dalam kondensor tidak akan bisa berlangsung maksimal. Akibatnya, tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin. Jika hal ini sudah terjadi, jalan satu-satunya adalah mengganti dengan yang baru.

  • Evaporator Yang Kotor

Penyebab lainnya yaitu bisa dari evaporator yang sudah kotor. Sama seperti halnya filter, evaporator ini bisa tidak berfungsi optimal disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk. Sirkulasi pendinginan tidak akan berjalan lancar karena ada debu yang menghalanginya. Penyebabnya bisa dari debu residu yang tidak tersaring oleh filter AC mobil.

  • Kondensor Yang Kotor

Penyebab AC mobil tidak dingin yang berikutnya yaitu kondensor yang sudah kotor. Posisinya yang berada di depan radiator, memang cukup rentan untuk terjadinya penumpukan kotoran. Lumpur atau debu yang menumpuk tersebut, bisa menyebabkan kondensor tidak bisa memproses kondensasi secara maksimal. Salah satu fungsi kondensor sendiri memang untuk membuang udara panas dari AC.

Solusi Masalah Sistem Pendinginan Mobil

Dari permasalahan AC mobil tidak dingin di atas, tentu solusi terbaiknya adalah mencari bengkel terpercaya untuk dibenahi. Salah satu bengkel yang cukup bagus untuk perbaikan AC mobil adalah Dokter Mobil. Dengan dukungan teknisi profesional dan peralatan lengkap perbaikan maupun penggantian sparepart AC mobil bisa dilakukan secara cepat. Untuk mengaksesnya, Anda bisa mencari di situs www.doktermobil.com.

Baca Juga : Air Radiator Avanza

Kesimpulannya, jangan biarkan AC mobil tidak dingin dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa berakibat kerusakan yang semakin membesar, bahkan menjalar ke pada bagian kendaraan lainnya. Perawatan maupun penggantian harus dilakukan secara tepat waktu di bengkel yang terpercaya dan profesional. Dokter Mobil sebagai bengkel berpengalaman, memiliki paket perawatan maupun perbaikan AC yang bisa Anda pilih.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *