4 Tips Bersihkan Saringan AC Mobil Sendiri di Masa Pandemi

Kapan terakhir kali Anda bersihkan saringan AC mobil? Jika Anda jarang membersihkan saringan AC, maka dapat membuat AC mobil Anda jadi bau. Nah, oleh sebab itu terlebih di musim peralihan layaknya sekarang yang lebih panjang musim hujannya dibandingkan kemarau ada baiknya melindungi suhu kabin mobil selalu dingin. Apalagi kalau telah hujan, jika AC tidak dingin, maka kaca mobil dapat berembun dan membahayakan Anda. Oleh sebab itu, lebih baik Anda rutin bersihkan saringan AC mobil, tak hanya mengakibatkan kabin mobil nyaman, sudah pasti dapat mengakibatkan Anda nggak mesti untuk sering-sering ke bengkel.

Tips Bersihkan Saringan AC Mobil Secara Mandiri

saringan AC mobilNah, agar Anda tidak kesulitan saat ingin membersihkan saringan AC mobil Anda, disini kami akan menjelaskan beberapa tipsnya. Untuk itu, silakan simak penjelasan di bawah ini sampai habis agar tentang tips bersihkan saringan AC mobil supaya Anda dapat memahami dengan baik.

  1. Rutin Bersihkan Filter Kabin Sebulan Sekali

Bukan hanya filter udara di mesin saja yang Anda mesti bersihkan. Namun filter kabin atau saringan AC mobil juga mesti Anda bersihkan. Terutama terkecuali saringan ini telah berdebu dan punyai kotoran. Cara bersihkan saringan AC mobil pun juga tak sulit, yaitu pertama buka laci bersama langkah menarik ke atas bersama menekan bagian sisi kiri dan kanan satu persatu hingga laci AC terlepas.

Kedua, sehabis laci terlepas, terlepas bagian filter AC bersama sistem pengunci berwujud kenop yang ada di bagian sisi box filter AC. Ketiga, sehabis box filter AC diakses dapat terlihat filter AC yang berwarna putih, keluarkan selanjutnya ketuk sebagian kali selanjutnya sedot memanfaatkan vacuum cleaner atau kompresor melalui bagian bawah filter AC. Setelah bersih masukkan kembali filter ke di dalam posisi semula.

  1. Rajin Membersihkan Kabin Mobil

Jangan salah ya, bersihkan saringan AC sesungguhnya mesti dilakukan. Namun yang lebih mutlak lagi, sehabis bersihkan filter atau saringan AC Anda juga mesti bersihkan kabin. Caranya mudah, Anda tinggal menyiapkan vacuum cleaner rumahan atau bisa juga vacuum portable. Anda bisa memulai bersihkan kabin berasal dari bawah di mana semua kotoran berawal berasal dari sana. Jangan lupa keluarkan juga semua karpet dan cuci memanfaatkan air mengalir dan juga memanfaatkan sabun colek, sehabis itu keringkan karpet sebelum akan dimasukkan.

Setelah bagian bawah selesai, selanjutnya bersihkan juga bagian dashboard. Caranya adalah mengelap dengan kain microfiber yang bersih dan kering. Setelah itu, basahi lap bersama campuran air dan sabun khusus interior. Sebelum mengelap, keringkan lap supaya tidak terdapat sisa air yang akan membekas di dashboard mobil anda. Kemudian bersihkan juga bagian plafon kabin memanfaatkan campuran air dan pembersih terhadap kain microfiber basah sehabis itu lap segera memanfaatkan microfiber kering.

Baca Juga : Penyebab Kompresor AC Grand Livina Mengalami Kerusakan

  1. Lakukan Penggantian Filter Tiap 15.000 Km

Anda juga diharuskan untuk mengganti filter tiap-tiap 15 ribu kilometer atau 5 bulan sekali. Hal ini untuk melindungi kabin selalu bersih dan nyaman. Selain itu pastikan filter atau saringan AC yang diganti cocok bersama spesifikasinya. Hal ini untuk menjamin supaya Anda tidak sering mengganti saringan AC mobil lebih cepat. Selain itu, langkah lain bersihkan ac mobil adalah terkecuali Anda sering melalui daerah berdebu ada baiknya mengganti saringan udara tiap-tiap 2 – 3 bulan sekali. Selain itu, ada baiknya juga supaya Anda tidak merokok di di dalam mobil bersama keadaan AC mobil menyala dan jendela terbuka. Ini dikarenakan asap rokok mengakibatkan umur saringan udara lebih pendek, terkecuali terhadap keadaan normal bisa pindah 5 bulan sekali, maka terkecuali Anda merokok maka mesti pindah 2 bulan sekali.

  1. Pemilihan Lokasi Parkir

Tips paling akhir bersihkan saringan AC mobil adalah dengan memarkirkan mobil di daerah yang teduh. Jika Anda, sering parkir di tempat teduh sudah pasti dapat menguntungkan keadaan kabin. Kabin menjadi tidak panas dan sementara dapat menjalankan mobil, sobat otomotif tidak mesti menanti supaya suhu kabin turun terlebih dahulu. Dalam arti kata sobat tidak mesti amat lama membuka pintu atau jendela, supaya intensitas debu yang masuk lebih menyusut ke di dalam filter. Sehingga filter atau saringan AC mobil tidak mesti menyaring banyak debu dan kotoran dan filter atau saringan AC mobil dapat lebih awet.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk bersihkan saringan AC mobil Anda. Lumayan mudah dan efektif bukan? Anda harus rajin membersihkan saringan AC agar kondisi AC mobil tetap terjaga. Kalau seumpama AC mobil Anda bermasalah, seperti kurang dingin, evaporator bocor, dan lain sebagainya, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat datangi bengkel spesialis AC terdekat seperti Dokter Mobil.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?