Sudah Tahu? 4 Penyebab Mobil ndut-ndutan Saat Injak Gas

Salah satu permasalahan yang bisa dijumpai pada kendaraan yaitu mobil ndut ndutan saat injak gas yang membuat berkendara jadi tidak nyaman. Jika hal ini sudah terjadi, tentunya sangat tidak menyenangkan. Kenyamanan Anda dalam berkendara tentu saja jadi terganggu dan beresiko membuat terjadinya kecelakaan.

Kendala ini juga bisa menjadi tanda awal adanya kerusakan yang mesti segera diperbaiki. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin ujungnya Anda harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk turun mesin. Oleh karenanya, tindakan preventif dengan memperbaikinya sesegera mungkin menjadi hal yang bijak dilakukan.

Beberapa Penyebab Mobil Ndut ndutan Saat Injak Gas

Kendaraan yang dipaksakan berjalan dengan kondisi tidak layak bahkan ndut ndutan, bisa membahayakan baik itu pengemudi maupun penumpang. Ada beberapa penyebab mobil ndut ndutan saat injak gas yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut ;

  • Permasalahan Di Komponen Sistem Bahan Bakar

Penyebab pertama mobil ndut ndutan saat injak gas karena adanya permasalahan di komponen sistem bahan bakar, terutama dalam sistem penyalurannya. Selain itu, bisa juga disebabkan permasalahan di bagian throttle body yang sudah kotor, injektor yang mampet, dan sebagainya. Pengecekan lebih lanjut perlu dilakukan pada bengkel terpercaya.

  • Filter Bensin Yang Kotor

masalah pada filter bensin

Penyebab selanjutnya yang wajib dicurigai dan jadi masalah umum yaitu filter bensin yang kotor. Sesuai namanya, tugas filter bensin ini untuk menyaring kotoran dan endapan lumpur yang bercampur bersama bensin dan terendap di tangki. Sebelum masuk ke ruang pembakaran, bensin disaring oleh filter ini. Saat penumpukan kotoran di filter terlalu banyak akan menghambat penyaluran bahan bakar dan mobil jadi tersendat-sendat.

  • Busi Yang Mati

busi bermasalah

Penyebab selanjutnya mobil ndut ndutan saat injak gas bisa karena businya yang mati. Fungsi busi memang sangat vital untuk percikkan api untuk sistem pembakaran. Jika salah satunya saja mati, maka akan terjadi ketimpangan. misalnya pada mesin 4 silinder, jika salah satu businya mati maka yang aktif hanya 3 dan itu akan membuat mobil terasa pincang.

  • Kebocoran Di Selang Vakum

Penyebab mobil ndut ndutan saat injak gas lainnya yaitu karena adanya kebocoran terutama pada bagian selang vakum. Karburator punya beberapa selang vakum misalnya untuk idle-up AC, dashpot, power steering dan sebagainya. Jika terjadi kebocoran, maka RPM menjadi tidak stabil atau naik turun. Akibatnya, mobil akan terasa menghentak.

Baca Juga : Mobil Tidak Bisa Distarter saat Mesin Panas

Selain beberapa penyebab di atas, ada juga nama lain yang membuat mobil ndut ndutan saat injak gas. Misalnya throttle body yang kotor, baret atau koin yang tidak tertutup sempurna. Selanjutnya, bisa dari PCV valve yang rusak dan tidak bisa mengalirkan blow by gas menuju intake. Jika terjadi demikian, maka harus mengganti PCV valve dengan yang baru.

Solusi Permasalahan Mobil Tersendat

Jika anda memiliki keahlian untuk melakukan perbaikan sendiri maka sejumlah masalah di atas bisa saja anda lakukan fiksasi secara mandiri. Namun, jika tidak bisa maka harus dibawa ke bengkel berpengalaman dengan teknisi yang sudah terlatih dan profesional. Salah satu bengkel yang yang direkomendasikan adalah Dokter Mobil.

Dengan dukungan berbagai peralatan untuk perbaikan yang lengkap, tenaga ahli terlatih juga bisa membantu Anda mengatasi mobil ndut-ndutan saat injak gas. Berbagai penyebab masalah ini seperti di atas, akan diperbaiki secara cepat dsn tepat. Untuk harganya juga bisa dibilang cukup terjangkau dan yang lebih penting standar pelayanan Dokter Mobil sama. Cabangnya sendiri sudah ada di berbagai daerah di Indonesia.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?