Berapa Biaya Ganti Oli Mobil? Berikut ini Penjelasannya

Informasi seputar berapa biaya ganti oli mobil penting diketahui karena ini hal yang harus dilakukan rutin untuk menjaga performa mobil. Peran oli sangat penting bagi kendaraan untuk melumasi setiap komponen mesin supaya tidak aus. Mesin yang terkikis  karena kualitas oli yang buruk atau berkurang, berdampak mobil yang semakin tidak nyaman.

biaya service mobil

  1. Biaya Ganti oli Mobil Manual

Perawatan mobil berupa ganti oli tentu harus jadi prioritas. Bisa dibilang, mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan dan oli merupakan “darahnya”. Pelumasan yang tidak sempurna terhadap mesin, bisa membuat suhu memanas, dan overheating yang bisa membuat mesin tiba-tiba mogok bahkan mati.

    • Berapa KM Ganti Oli ?

jarak ganti oli

Setiap pabrikan mobil mempunyai rekomendasi masing-masing berapa km penggantian oli. hal tersebut bisa anda baca pada buku manual kendaraan. Setiap kali melakukan servis mobil di bengkel, biasanya mereka menuliskan Kapan penggantian oli selanjutnya dilakukan.

    • Berapa Biaya Ganti Oli Mobil Manual?

Pada umumnya saat Anda mengganti oli mobil manual di bengkel, akan dikenakan biaya ganti oli mobil sebesar Rp40.000 sampai Rp50.000 untuk jasanya saja. Sementara itu, harga oli sendiri berkisar di angka Rp70.000 sampai dengan Rp200.000 untuk satu liternya.

  1. Biaya Ganti Oli mobil Matic

Mobil transmisi matic tentunya punya variasi harga yang berbeda-beda pula. jika dilakukan di bengkel resmi tentu harganya lebih mahal. Namun, anda mendapatkan pelayanan sesuai dengan yang disarankan oleh pabrik dan service record anda akan dicatat secara detail.

    • Berapa Liter Ganti Oli Matic?

Untuk pengerjaan pergantian oli transmisi matic di bengkel umum tergantung dari jasa yang dipilih. Ada dua pilihan, yaitu mengganti oli transmisi dan menguras oli transmisi. Jika hanya ganti, dibutuhkan 4-5 liter dengan kisaran Rp.700 ribu – 900 ribu.

  1. Biaya Ganti Oli Mobil Jenis LCGC

Pada jenis mobil ini memang memiliki spesifikasi oli tersendiri. Tingkat kekentalan yaitu di 0W-20 dan 5W-30. Dua jenis oli tersebut dipakai pada dua mesin LCGC yang berbeda pula. Jangan sampai Anda keliru dan menggunakan oli mobil tidak melihat berdasarkan jenis ini.

    • Mengapa Oli LCGC Berbeda ?

Pada mobil LCGC wajib memakai oli mesin full sintetik atau semi sintetik yang lebih encer. Alasannya, teknologi pembuatan mesin kendaraan semakin hari semakin canggih. Oleh karena itu, mesin mobil juga semakin presisi dan clearance gap atau celah antar mesin menjadi makin rapat.

Selain itu, tingkat viskositas rendah juga akan membuat mesin mobil bekerja lebih ringan. oli yang lebih encer akan sanggup menjangkau bagian mesin yang paling sempit. Dengan begitu, pelumasan akan menjadi lebih optimal.

    • Biaya Ganti Oli Mobil LCGC

Informasi mengenai berapa biaya ganti oli mobil LCGC membuat anda bisa merencanakan keuangan rutin untuk biaya servis ini. Ambil contoh salah satu mobil Daihatsu Ayla/Sigra dengan kapasitas mesin 1000cc. Kapasitas oli mesin yang  3 liter disertai penggantian filter oli. 1 liter oli tersebut berada di kisaran harga Rp97.000. hal itu tentunya belum termasuk biaya jasa dan juga harga filter.

Baca Juga : Toko Oli Mobil Terdekat

Kesimpulannya, informasi mengenai biaya ganti oli mobil harus diketahui oleh para pemilik kendaraan. Baik itu kendaraan manual, matic, maupun LCGC, punya karakteristik oli yang harus disesuaikan. Jangan sampai Anda salah pilih dan akhirnya berdampak buruk bagi mesin mobil.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *