Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air Yang Diwaspadai

Masalah pada kendaraan memang beragam, dan tanda kerusakan yang awal bisa diketahui salah satunya knalpot mobil keluar asap putih dan air. Ini bisa karena faktor pemakaian Anda yang terburu-buru dan belum memanaskan mobil dengan baik Sebelum dikendarai atau setiap paginya. Jadi, penting juga bagi Anda untuk selalu memanaskan kendaraan setiap paginya secara rutin, agar performa mobil siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Saat muncul masalah berupa keluarnya asap dari knalpot, maka Anda tidak boleh membiarkannya. Masalah yang berlarut dan terakumulasi, bisa membuat kerusakan makin parah dan tentu saja menghabiskan biaya perbaikan lebih mahal. Sebelum hal ini terjadi, tentu tindakan pencegahan dan perawatan dini harus dilakukan.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih Dan Air

knalpot mobil keluar asap putih dan air

Permasalahan berupa knalpot mobil keluar asap putih dan air sangat mengganggu dan menimbulkan kerusakan yang merembet. Jadi, sebelum Anda mengalami hal ini, ada baiknya tahu apa saja penyebabnya. Berikut ini kami akan jelaskan penyebab permasalahan tersebut;

  1. Kerusakan Pada Komponen Mesin

Keluarnya asap dan air dari knalpot adalah salah satu pertanda terjadinya kerusakan pada komponen mesin tertentu. Jika rembesan air yang keluar merupakan oli, karena mungkin sudah ada kerusakan klep yang sudah tidak layak pakai atau piston yang sudah aus. Jika sudah terjadi demikian, maka oli akan keluar bersama asap. Tentunya, ini akan mengakibatkan pembakaran tidak berjalan optimal.

  1. Pembakaran Yang Tidak Sempurna

Sebelum dikendarai, sebaiknya mobil memang dipanaskan terlebih dahulu agar pada saat berjalan, dapat optimal. saat terjadi keluarnya asap putih disertai rembesan oli kendaraan, maka itu tandanya pembakaran tidak sempurna. Jadi, biasakanlah selalu memanaskan mesin mobil sebelum dikendarai apalagi jika jarak tempuhnya cukup jauh.

  1. Suhu Yang Dingin

Suhu di sekitar yang terlalu dingin juga bisa menjadi penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air. Apalagi kalau Anda tinggal di daerah yang memiliki suhu sangat dingin misalnya di pegunungan, jangan heran saat kendaraan dinyalakan terutama di pagi hari, knalpot mengeluarkan rembesan air.  Selain air, asap putih tipis juga biasanya akan keluar dan anda tidak perlu khawatir selama asap dan air yang keluar dalam jumlah wajar.

  1. Embun Yang Terperangkap

Penyebab keluar asap putih dan air pada knalpot berikutnya yaitu karena adanya embun yang terperangkap. Saat proses pembakaran sempurna uap air pastinya akan keluar, ini juga bisa disertai embun yang terperangkap dalam knalpot yang ikut keluar dan mengakibatkan seperti ada tetesan air. Saat mesin mulai panas embun akan terdorong keluar dan mengakibatkan keluarnya tetes-tetes air dalam jumlah wajar.

  1. Keluarnya Asap Putih Tebal

Apabila saat mobil dinyalakan knalpot mobil keluar asap putih dan air dan tidak kunjung hilang meskipun sudah lama, maka ini tidak boleh dibiarkan. Biasanya hal tersebut diikuti oleh oli yang keluar. Ini penyebabnya bisa dari oli yang juga terbakar pada ruang pembakaran mesin.

knalpot keluar asap putih tebal

Keluarnya asap putih pekat juga bisa terjadi karena kerusakan bagian silinder. Kerusakan ini akan membuat posisi ring piston tidak benar dan membuat oli masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya, saat mobil dinyalakan maka asap putih keluar terus menerus. Jika hal ini terjadi Anda harus segera menghubungi bengkel terdekat dan diperbaiki.

Baca Juga : Ganti Oli Mobil Terdekat

Kesimpulannya, penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air penting untuk diketahui supaya segera diambil langkah perbaikan. Membiarkan hal ini berlarut-larut, tentu berbahaya karena bisa membuat kerusakan makin besar dan mempengaruhi kondisi mobil secara keseluruhan. Percayakan pengecekan dan perbaikan tersebut pada bengkel yang berpengalaman dan profesional, seperti Dokter Mobil.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *