Wajib Tahu! Ini Cara Service Kompresor AC Mobil Anda Sendiri

Kompresor AC yang rusak pasti sangat mengganggu perjalanan Anda, sehingga Anda ingin segera service kompresor AC mobil Anda. Kompresor pada AC memiliki fungsi yang penting dalam mendinginkan kabin mobil Anda. Karena itu, Anda harus menjaga kompresor AC mobil Anda agar tidak terjadi penurunan performa dan tetap dapat mendinginkan kabin mobil Anda dengan maksimal.

Fungsi utama kompresor AC pada mobil adalah memompa udara dari luar dan mengubahnya menjadi udara segar yang akan disalurkan ke dalam kabin. Udara tersebut nantinya akan bercampur dengan freon dan menjadi dingin.

Jika kompresor AC Anda rusak, Anda tidak perlu langsung membawanya ke bengkel, karena ada cara untuk service kompresor AC mobil Anda sendiri. Tetapi sebelum itu, ketahuilah dahulu ciri – ciri kompresor AC yang mengalami masalah.

Ciri Kompresor AC yang Mengalami Masalah

  1. AC kurang dingin

service Kompresor AC Mobil

Ciri pertama yang dapat Anda ketahui ketika kompresor AC mengalami masalah adalah menurunnya kualitas AC. Jika AC menjadi tidak sedingin biasanya di suhu yang sama, berarti telah terjadi kerusakan pada kompresor. Hal tersebut dapat terjadi karena kompresor mengalami overheat. Kompresor jika terlalu panas maka akan mati dan baru hidup lagi ketika suhunya sudah dingin. Idealnya, kompresor bisa menyala sampai dingin yang Anda atur dalam pengaturan telah tercapai.

  1. Kompresor mengeluarkan suara keras

Ciri kompresor yang mengalami masalah berikutnya adalah suara kompresor yang tidak biasa. Jika ada bunyi kasar saat Anda menyalakan AC mobil Anda, itu berarti kompresor AC mengalami kerusakan. Jika sudah terjadi seperti itu, Anda harus segera service kompresor AC mobil Anda.

  1. Kebocoran Freon

Kompresor AC yang bermasalah juga dapat ditandai dengan bocornya freon. Umumnya, hal tersebut terjadi karena gas freon tidak tersalurkan dengan baik oleh kompresor. Jika tidak segera dilakukan penaganan, maka freon akan habis dengan cepat. Kebocoran freon juga berpotensi terhirup oleh pengemudi dan penumpang mobil dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Cara Service Kompresor AC Mobil Anda Sendiri

Jika ada ciri – ciri di atas pada mobil Anda, berarti kompresor AC mobil Anda mengalami kerusakan dan harus segera melakukan service kompresor AC mobil Anda. Berikut akan dijelaskan cara service kompresor AC mobil Anda sendiri.

Lakukan Pemeriksaan Pada Kompresor AC

Ada beberapa hal pada kompresor AC mobil yang harus Anda diperiksa, yaitu :

  1. Periksa apakah ada oli yang menempel di dinding kompresor

Jika ada, berarti kompresor mengalami kebocoran. Segeralah periksa kompresor apakah ada yang berlubang atau retak dan periksa juga sambungan pipa kompresor apakah ada kebocoran atau ada sambungan yang kurang erat.

Jika tidak ada oli pada dinding kompresor maka kerusakan AC bukan disebabkan oleh bocornya kompresor AC.

Baca Juga : Inilah Perkiraan Biaya Servis Mobil Berkala

  1. Periksa kemampuan memompa refrigerant kompresor AC Anda dengan manometer gauge AC

Freon dalam AC mobil Anda memiliki tekanan standar atau tekanan normal, yaitu :

  • Tekanan rendah berkisar 15 psi sampai 30 psi pada gauge tekanan rendah.
  • Tekanan tinggi berkisar antara 160 psi sampai 250 psi pada gauge tekanan tinggi.

Apabila tekanan sesuai dengan standar, maka itu artinya kompresor AC mobil Anda tidak ada masalah. Tetapi, jika tekanan tidak sesuai standar, maka ada masalah pada kompresor AC saat memompa freon. Hal itu karena jumlah freon berkurang, sambungan kompresor dengan evaporator mengalami kebocoran, ada sumbatan pada selang pipa.

  1. Periksa apakah volume freon berkurang atau tidak

Jika freon berkurang atau bahkan habis, kemungkinan ada kebocoran freon. Segera periksa kualitas sambungan pipa AC, seal shaft compressor, relic valve, serta front cover dan back cover apakah masih dalam keadaan prima atau tidak. Namun jika volume freon tidak berkurang atau habis, berarti kompresor Anda dalam keadaan baik.

Perbaikan Kompresor AC Pada Mobil Anda

service Kompresor AC Mobil

Peralatan yang perlu Anda persiapkan untuk memperbaiki kompresor AC Anda adalah sebagai berikut :

  1. Peralatan pengelasan; jika diduga ada kebocoran atau keretakan.
  2. Spare part yang baru; jika diduga ada komponen kompresor yang mengalami kerusakan atau keausan.
  3. Siltip dan kunci – kunci; jika diduga ada kebocoran pada sambungan pipa.

Langkah – langkah yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki kompresor AC mobil Anda adalah sebagai serikut :

  1. Kosongkan oli dan freon dalam kompresor AC mobil Anda
  2. Cucilah kompresor AC mobil Anda sampai bersih
  3. Lakukan pengelasan pada bagian kompresor yang mengalami kebocoran
  4. Ganti spare part pada kompresor yang sudah rusak atau aus
  5. Mengencangkan bagian – bagian yang kurag kecang pada kompresor AC mobil Anda
  6. Pastikan sudah tidak ada lagi selang yang terjepit
  7. Isi kembali oli dan freon kompresor AC mobil Anda

Jika Anda sudah melukan langkah – langkah di atas, seharusnya sudah tidak ada lagi masalah pada AC mobil Anda. tetapi, jika masih bermasalah, mugkin saja ada komponen yang harus diganti, ada kebocoran yang masih belum ditambal, atau masih ada sambungan pada kompresor yang masih perlu dikencangkan.

Namun jika masih bermasalah juga, itu berarti kompresor Anda perlu diganti baru karena kerusakannya sudah parah. Tetapi, sebelum membeli kompresor AC yang baru, ada baiknya Anda minta bengkel AC untuk mengeceknya dan memperbaikinya jika memungkinkan.

Nah, itulah cara service kompresor AC mobil Anda sendiri. Dengan Anda melakukan service kompresor AC mobil sendiri, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda, menambah pengetahuan Anda, dan mengetahui cara untuk menjaga kondisi AC mobil Anda agar selalu prima. Semoga pembahasan tersebut bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan sendiri cara service kompresor AC mobil.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *