3 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin

Memahami apa Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin akan membantu Anda untuk melakukan perbaikan atau pencegahannya, saat mengalaminya. Saat mengalami hal ini, jangan langsung menjudge bahwa mobil matic Anda mengalami kerusakan. Mungkin saja, penyebabnya hal sepele yang terlewatkan oleh Anda dan mengakibatkan mobil tidak bisa dinyalakan.

Meskipun kedengarannya sepele, saat melakukan starter mobil matic tidak boleh secara sembarangan. Ada langkah yang harus dilakukan berurutan supaya mobil bisa menyala. Contohnya, tuas persneling harus berada pada posisi P atau N. Saat melakukan starter, juga harus diiringi dengan menginjak rem.

Beberapa Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin

mobil matic tidak bisa distarter

Saat prosedur untuk menyalakan mobil matic sudah dilakukan dengan benar namun tetap tidak bisa distarter, mungkin ada masalah yang terjadi. Pengetahuan mengenai apa penyebabnya dan cara fiksasinya penting diketahui oleh para pemilik. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa sumber masalahnya ;

Masalah Akibat Aki Soak

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin biasanya karena aki soak. Saat hal ini terjadi, dinamo tidak mau berputar dan hanya berbunyi ‘tek tek tek’ saja. Untuk memeriksanya, langkahnya dengan melakukan pengecekan pada terminal aki mobil. Pastikan terminal keduanya keadaan bersih dan terikat kencang di aki.

Apabila ternyata mengalami kelonggaran, maka segera mengencangkan bautnya. Saat sudah dipastikan terikat kencang dan benar, cobalah untuk menstarter ulang kendaraan. Jika sudah dicoba dan masih belum menyala juga, berarti aki sudah tekor. Cara mengatasinya bisa dengan menjumper dengan aki mobil lainnya atau menggantinya dengan yang baru.

Mobil Tidak Bisa Distarter Karena Mati Total

turun mesin mobil

Mobil matic yang sudah mati total dan tidak menunjukkan respon, bahkan masing-masing kunci kontak dalam keadaan menyala, lampu-lampu tidak bisa dinyalakan. Jika mengalami hal ini, coba lakukan langkah sebagai berikut;

  • Memeriksa kabel positif dan negatif yang terhubung

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin bisa karena problem di kabel. Cobalah untuk memeriksa kabel positif dan negatif yang terhubung ke aki untuk memastikan tidak ada yang terputus. tentunya, jika kabel terhapus tidak bisa menghantarkan arus listrik dan membuat mobil tidak bisa distarter. Selain itu, periksalah juga kondisi aki apakah sudah mengalami soak atau belum.

  • Memeriksa Sekring

Hal berikutnya yang bisa dilakukan yaitu memeriksa sekring utama pada sistem kelistrikan mobil, dan memastikannya bahwa tidak terputus. Umumnya, letaknya berada di kotak sekring atau terdapat di kabel positif aki. Jika sudah dilakukan pengecekan dan hasilnya sekring terputus maka anda harus menggantinya dengan yang baru.

  • Memeriksa Relay Starter

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin yang berikutnya bisa karena permasalahan bagian relay starter. Letaknya ada yang di dalam kotak sekring, namun banyak juga yang ada di luar. Putusnya relay starter ini bisa mengakibatkan mobil tidak bisa dinyalakan.

  • Memeriksa Kabel Switch Dinamo Starter

Kabel ini biasanya hanya ada satu saja, ukurannya kecil dan letaknya menempel pada solenoid starter. Untuk mengeceknya, silakan melepas sakit yang menempel di solenoid starter. Selanjutnya, starter mobil sambil menggesek ujung kabel ke massa atau ground. Jika tidak timbul percikan api, boleh jadi ada kabel switch yang putus di dalam.

Baca Juga : Service Kompresor AC Mobil

Apabila sejumlah langkah di atas tidak mengatasi Penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin, maka Anda mesti menghubungi bengkel. Dokter Mobil menjadi rekomendasi terbaik untuk memperbaiki masalah ini. Dengan dukungan teknisi berpengalaman dan standar pelayanan maksimal, kendaraan Anda akan diperbaiki dengan baik.

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?