Inilah 6 Tips Menghilangkan Bau AC Mobil yang Mengganggu

Saat AC mobil Anda mengeluarkan bau tidak sedap, pasti Anda merasa terganggu dan ingin segera menghilangkan bau AC mobil yang mengganggu tersebut. Karena adanya AC pada mobil dapat membuat udara pada kabin mobil Anda menjadi lebih sejuk.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa AC mobil saya mengeluarkan bau tidak sedap? AC mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti ada komponen AC yang mengalami kerusakan, sisa makanan dan minuman yang tertinggal di kabin mobil, dan masih banyak lagi.

Tips Menghilangkan Bau AC Mobil

Agar Anda tidak terganggu dengan bau tidak sedap pada mobil Anda, maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk menghilangkan bau AC mobil. Silakan baca penjelasannya agar Anda bisa mengerti dengan baik dan dapat terhindar dari bau AC yang tidak sedap di mobil Anda.

  1. Bersihkan Kabin Mobil Secara Rutin

Menghilangkan Bau AC Mobil

Tips pertama untuk menghilangkan bau AC mobil yang mengganggu adalah dengan rutin membersihkan kabin mobil Anda. Area karpet mobil adalah daerah yang gampang meninggalkan kotoran layaknya pasir, tanah, dan sisa makanan, membersihkan secara rutin. Jika ada sisa makanan atau minuman di dalam kabin, segera diambil untuk menahan timbulnya bau atau jadi basi. Makanan yang mempunyai aroma yang cukup kuat, layaknya durian dsb sanggup meninggalkan aroma dalam jangka pas lama. Jika makanan berikut masih sanggup dimakan, masukkan kedalam wadah tertutup.

  1. Hindari Memasukkan Karpet Ke Mobil Jika Masih Basah

Tips kedua untuk menghilangkan bau AC mobil Anda adalah jangan memasukkan karpet mobil jika belum kering dengan sempurna. Mencuci karpet mobil Anda memang perlu dilakukan. Tetapi setelah membersihkan karpet mobil, sebaiknya tunggu karpet sampai kering dengan sempurna, barulah pasang kembali karpet ke tempat semula. Karpet yang masih basah bisa membuat lembab daerah sekitar lantai mobil, dan akibatnya akan ada bau yang tidak sedap.

Baca Juga : Penyebab Radiator Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya

  1. Bersihkan Evaporator Secara Rutin

Tips selanjutnya adalah dengan membersihkan evaporator mobil Anda. Evaporator yang kotor dan lembab akan menyebabkan bakteri dan jamur gampang untuk berkembang biak, bakteri dan jamur inilah yang menghasilkan bau atau aroma yang tak sedap dari AC di dalam mobil anda.

Oleh sebab itu, untuk menghilangkan bau AC mobil Anda, maka bersihkanlah evaporator mobil kamu secara teratur. Tetapi perlu Anda ketahui, membersihkan evaporator tidak boleh sembarangan, ada caranya tersendiri. Maka dari itu, sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel AC mobil terdekat yang sudah Anda percaya untuk menghilangkan bau AC mobil.

  1. Jangan Merokok Dalam Mobil

Menghilangkan Bau AC Mobil

Mungkin bagi sebagian orang, menganggap bahwa dengan merokok dapat mengurangi rasa kantuk. Namun, asap rokok juga salah satu penyebab AC pada mobil Anda mengeluarkan bau tidak sedap. Walaupun Anda sudah membuka kaca jendela mobil Anda, asap rokok akan tetap menempel pada kain atau bahan interior pada kabin dan dapat menyebabkan bau asap rokok dikemudian hari.

  1. Ganti Pengharum Mobil Anda

Tips berikutnya untuk menghilangkan bau AC mobil Anda adalah dengan mengganti pengharum yang Anda pakai di mobil. Pada umumnya kualitas pengharum mobil yang rendah adalah salah satu penyebab AC mobil Anda jadi bau. Pewangi yang kerap menyebabkan bau ini adalah model wangi-wangian yang mempunyai tingkat alkohol yang tinggi, atau bisa dibilang bahan pembuatannya tidak memenuhi standar kelayakan, sehingga jika pengharum dipasangkan pada mobil Anda, lama kelamaan aroma dari parfum tersebut lama-kelamaan bisa berubah menjadi bau asam yang tidak enak untuk dihirup.

Jika Anda ingin aroma dalam kabin mobil Anda wangi dan sejuk, maka gunakanlah pengharum mobil yang berkualitas agar wangi dari pengharum tersebut bertahan lama dan tidak akan ada ba yang tidak sedap.

  1. Bawa ke Bengkel

Tips terakhir untuk menghilangkan bau AC mobil Anda seandainya seluruh langkah di atas tidak sukses adalah dengan lakukan service pada komponen AC mobil Anda. Bila perlu, minta periksa seluruh anggota mobil secara menyeluruh untuk meyakinkan bahwa permasalahan berikut udah selesai diperbaiki dan AC mobil udah tidak berbau lagi.

Nah, itulah tadi 6 tips untuk menghilangkan bau AC mobil Anda. Anda harus rajin merawat dan membersihkan mobil Anda agar tidak ada lagi bau pada mobil Anda. terima kasih sudah membaca penjelasan di atas sampai habis. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu Anda untuk menghilangkan bau AC mobil Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *