Informasi Biaya Service Kompresor AC Mobil Saat Ini

Kompresor merupakan bagian penting sistem pendinginan, dan mengetahui informasi biaya service kompresor AC mobil akan memberikan gambaran dana yang harus disiapkan. Kompresor AC wajib dijaga performanya, agar memastikan kondisi di dalam kabin mobil tetap sejuk. Jika kompresor rusak, maka AC tidak memberikan pendinginan maksimal dan suhu di dalam mobil akan meningkat.

Fungsi utama kompresor sendiri adalah untuk memompa udara yang berasal dari luar untuk diubah menjadi angin segar dan berhawa dingin saat masuk ke dalam kabin. Angin berubah menjadi terasa dingin, saat bercampur dengan freon dan membuat hembusan sejuk dan bukan hanya angin saja seperti kipas. Oleh karenanya, penting menjaga kondisi freon maupun kompresor AC mobil agar selalu bisa bekerja optimal.

Kisaran Biaya Service Kompresor AC Mobil

Bengkel Service Mobil Terdekat

Saat mobil dibawa ke bengkel, nantinya dari pihak bengkel akan melakukan pemeriksaan dengan menyeluruh mengenai penyebab AC tidak dapat bekerja secara maksimal melakukan pendinginan. Jika penyebabnya memang berasal dari bagian kompresor, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Dalam menggantinya tentu butuh biaya service kompresor AC mobil dan jumlahnya bervariasi.

Besarnya tergantung dari merek mobil juga. Apabila mobil Anda memang termasuk kelas premium, maka biaya penggantian kompresor AC mobil ini jumlahnya bisa mencapai puluhan juta. Biaya paling ringan di kisaran Rp2 juta, ada juga sejumlah Rp8 juta yang umumnya pada jenis mobil Mercedez Benz. Bahkan, ada juga yang Rp20 jutaan misalnya pada jenis mobil Land Rover.

Tanda Kompresor AC Mobil Rusak

masalah pada AC Mobil

Mengetahui biaya service kompresor AC mobil dan tanda kompresor AC mobil rusak, sebenarnya tidak terlalu sulit. Biasanya, tanda awalnya adalah udara dingin yang lama sekali keluar hingga terdengar seperti suara berdecit yang berasal dari ruang mesin. Saat Anda menyalakan AC akan terdengar bunyi kasar, dan semakin mobil di gas, bunyi tersebut semakin kencang. Namun saat AC dimatikan, bunyi tersebut hilang.

Faktor yang membuat kompresor rusak yang lainnya adalah faktor usia. Umur kompresor pada setiap mobil berbeda-beda, mulai dari sekitar satu sampai lebih dari dua tahun. Pada mobil keluaran sekarang, bahkan masa umurnya lebih lama lagi. Bisa mulai dari lima tahun sampai dengan delapan tahunan. Semakin lama umur kendaraan dan tipe mobilnya, tentunya akan lebih rentan terjadinya kerusakan di komponen kompresor.

Saat kompresor AC mobil memang rusak, maka sebaiknya harus langsung diganti. Karena jika tidak, maka kerusakan bisa merembet ke komponen mobil yang lainnya. AC mobil menjadi tidak dingin lagi dan bisa jebol. Hal paling buruknya apabila kompresor macet, maka fanbelt bisa putus dan kalau sudah terjadi, maka mobil tidak akan bisa jalan.

Dimana Tempat Service Kompresor AC Mobil?

bengkel mobil

Bagi anda yang memiliki permasalahan ini dan butuh biaya service kompresor AC mobil, maka bisa mencari berbagai referensi bengkel bagus, salah satunya adalah Dokter Mobil. Dengan teknisi berpengalaman serta peralatan yang lengkap, proses perbaikan bisa berlangsung dengan cepat. Tersedia juga berbagai paket Service yang bisa Anda pilih baik karena masalah sistem pendinginan karena kompresor rusak, maupun yang lainnya.

Baca Juga : Oli Mobil Terbaik Untuk Avanza

Kesimpulannya, kompresor AC mobil rusak memang menjadi permasalahan yang banyak dijumpai dan informasi biaya service kompresor AC mobil cukup penting. Jika Anda mengalaminya, jangan sampai dibiarkan berlarut-larut karena bisa membuat kerusakan merembet kepada spareparts yang lainnya. Oleh karenanya, carilah bengkel terbaik jika mengalami gejala tersebut. Salah satu bengkel yang banyak direkomendasikan adalah Dokter Mobil.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *