Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Ini 4 Penyebabnya

Saat berkendara, mungkin saja Anda mengalami mobil matic tidak bisa distarter yang tentunya sangat mengganggu perjalanan yang ditempuh. Saat hal ini terjadi, tidak boleh dibiarkan begitu saja dan terus dicoba dihidupkan. Kerusakan pada komponen yang mempengaruhi sistem starter ini, bisa membuat kerusakan lebih luas lagi.

Mobil matic sendiri menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati di era modern sekarang ini. Cara pengoperasiannya yang praktis, cocok diterapkan di kota-kota besar karena bisa meminimalisir kelelahan akibat macet. Namun,  adakalanya mobil ini sulit dinyalakan atau distarter. Jangan langsung panik saat terjadi, dan berusahalah untuk mencari penyebabnya.

4 Penyebab Umum Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

mobil tidak bisa distarter saat mesin panas

Mobil yang biasa digunakan sehari-hari, mungkin mengalami kendala mobil matic tidak bisa distarter ini. Penyebab umum hal ini adalah aki yang sudah soak. Namun demikian, tidak hanya faktor tersebut yang menjadi sumber permasalahannya. Ada 4 penyebab lain yang biasa dijumpai, yaitu sebagai berikut:

  • Permasalahan Pada Kunci Kontak Sistem Pengapian 

Apabila fungsi aki berjalan baik namun mobil matic tidak bisa distarter, maka lakukan percobaan berikut. Nyalakan lampu depan mobil anda. Apabila lampu tersebut menyala meskipun mesin tidak bisa distarter, ada kemungkinan permasalahan kunci kontak (Ignition switch) dalam sistem pengapian kendaraan.

  • Penyumbatan Yang Terjadi Pada Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar berfungsi sebagai penyaring kotoran yang terbawa bersama bahan bakar. Kotoran menumpuk dan terjadi penyebab dan, maka bensin tidak bisa mengalir ke mesin dan akibatnya mobil matic tidak bisa distarter. Untuk mencegahnya, sebaiknya dilakukan pembersihan rutin setelah mencapai jarak tertentu, sesuai rekomendasi pabrikan.

  • Tangki Gas Mobil Kosong

Penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah tangki gas mobil yang kosong. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun seringkali terjadi karena diabaikan oleh pemiliknya. Jadi, sebaiknya dalam memulai aktivitas anda juga harus mengecek apakah tangki gas mobil matic dalam keadaan terisi atau sudah kosong. Jangan sampai hal ini terjadi.

  • Kerusakan Pada Starter Dinamo

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter yang selanjutnya bisa karena kerusakan pada starter dinamo. Cara mengeceknya cukup mudah, yaitu jika terdengar suara kasar saat mesin distarter maka kemungkinan ada kerusakan pada bagian starter dinamo. Indikasi lainnya yaitu terdengar seperti suara terlepas, namun mobil tetap tidak bisa dihidupkan.

Sebelum dibawa ke bengkel resmi, Anda juga bisa melakukan pengecekan secara mandiri dahulu. Tentunya, ini dilakukan jika anda punya keahlian dalam melakukan fiksasi kerusakan kecil yang menyebabkan permasalahan ini. Namun jika tidak bisa, maka mau tidak mau harus menghubungi bengkel yang bagus.

Rekomendasi Bengkel Terbaik Untuk Perbaikan

bengkel mobil

Sekarang ini, ada banyak bengkel yang bisa menjadi tempat Anda melakukan perbaikan saat mobil tidak bisa distarter. Salah satu yang terbaik adalah dokter mobil. Dengan dukungan mekanik profesional dan peralatan yang lengkap perbaikan tidak akan memakan waktu yang lama. Dengan jumlah cabang yang tersebar di berbagai wilayah, Anda tidak akan kesulitan menemukan bengkel resmi dokter mobil.

Baca Juga : Tempat Ganti Oli Mesin Mobil Terdekat

Kesimpulannya, penyebab mobil matic tidak bisa distarter pada umumnya memang karena aki soak. Selain itu, penyebab lain bisa disebabkan oleh sejumlah hal yang disebutkan di atas. Saat perbaikan mandiri tidak bisa dilakukan, maka sebaiknya Anda mempercayakan pada bengkel Dokter Mobil untuk perbaikannya. Anda dapat langsung mengakses situs www.doktermobil.com, dalam mencari mana lokasi terdekat.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *