Ongkos Jasa Turun Mesin Mobil yang Jarang Diketahui

Informasi penyebab dan ongkos jasa turun mesin mobil, akan bermanfaat bagi Anda saat pemilik kendaraan roda empat karena memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Turun mesin mobil merupakan proses pembongkaran serta pelepasan mesin dari mobil yang selanjutnya diperiksa dan ditangani permasalahannya. Meskipun terdengar cukup menyeramkan, namun proses ini sebenarnya juga penting untuk mengetahui kerusakan dengan lebih detail sehingga bisa dilakukan perbaikan lebih tepat.

Penyebab Mobil Turun Mesin 

Sebelum mengetahui ongkos jasa turun mesin mobil, penting juga untuk paham apa saja penyebab hal ini. Tindakan turun mesin dilakukan apabila memang mobil mengalami kerusakan yang mengharuskan dilakukannya pengecekan dan perbaikan komponen yang ada di pusat mesin. Lalu, apa saja gejala sehingga harus turun mesin mobil?. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu diwaspadai.

  1. Overheating

Overheating atau suhu yang terlalu panas merupakan hal yang seringkali jadi penyebab mobil mogok. Overheating, bisa menyebabkan kerusakan lainnya misalnya kepala silinder yang melengkung, air bercampur dengan oli, serta gangguan mesin lainnya. Hal ini dapat dirasakan saat berkendara dengan laju pelan, namun suhu mesin mobil naik secara drastis dan Anda harus curiga hal ini. Jangan paksakan mobil melaju jika memang mengalami kondisi demikian.

  1. Mesin Mobil Terendam Air

Penyebab lainnya yang sering terjadi adalah karena terendam air, khususnya di saat musim hujan di mana Banyak jalanan tergenang atau banjir mengendarai mobil dan memaksakan melewati banjir, bisa membuat mesin mobil terendam. Air akan ikut ke dalam ruang bakar sehingga bisa berakibat berbahaya, karena jika terjadi tekanan piston, maka bisa membuatnya berlubang bahkan pecah. Turun mesin yang disebabkan oleh kekurangan air ini disebut juga dengan water hammer dan sangat berbahaya jika tidak segera diperbaiki.

  1. Oli tercampur air

Jika air ada di ruang bakar juga bisa membuat tercampurnya oli dan air. Ciri mobil yang mengalaminya yaitu warna oli mesin yang berubah jadi kecoklatan seperti susu coklat. Kondisi ini bisa menyebabkan korosi di bagian silinder head, kacaunya sistem sirkulasi, hingga terbentuk busa di bagian mesin.  Saat hal ini terjadi, turun mesin merupakan suatu pilihan yang harus dilakukan.

  1. Penyebab Turun Mesin Mobil Lainnya

Selain ketiga faktor diatas, ada juga hal lain yang bisa membuat ongkos jasa turun mesin mobil anda keluarkan. Sejumlah penyebab tersebut diantaranya karena sistem pelumasan buruk, timing belt putus, keluar asap putih dari knalpot, air radiator kurang atau berminyak, serta karena suara mesin terlalu kasar. Jika mengalami hal tersebut, tentunya Anda harus waspada dan segera memeriksa nya ke bengkel terpercaya.

Berapa Harga Turun Mesin Mobil?

Biaya turun mesin berikut ongkos jasa turun mesin mobil memang cukup mengocek kantong dalam, dan sebaiknya memang Anda harus persiapkan. Biaya ini beragam tergantung dari servisnya, ada yang servis besar sampai turun mesin. Hal ini disebabkan tidak setiap turun mesin overhaul juga pasti dilakukan penggantian komponen besar.

Hal ini juga menjawab mengapa ongkos jasa turun mesin mobil ada yang cukup mahal juga. Kisaran biaya untuk ongkos jasa turun mesin mobil produksi Jepang berada di Kisaran Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. Biaya tersebut belum termasuk komponen nya yang cukup mahal, bahkan dapat mencapai angka Rp5 juta sampai di atas Rp10 juta.

Baca Juga : Harga Service AC Mobil

Contohnya, mobil Avanza generasi pertama yang mengeluarkan biaya turun mesin serta ongkos jasanya sekitar Rp3 juta. Untuk komponennya sendiri, harga tertingginya di Kisaran angka Rp5 juta. Rincian komponennya yang diganti antara lain packing set dengan harga  Rp1,5 juta, piston seharga Rp1,8 juta, komponen stang piston Rp 325 ribu, juga ring piston Rp450 ribu. Belum lagi tambahan kondisi engine mounting misalnya sudah harus diganti, akan ada biaya tambahan sebesar Rp 630 ribu.

Kesimpulannya, ongkos jasa turun mesin mobil dan penyebabnya perlu diketahui oleh para pemilik kendaraan berapa kisaran harganya. Saat Anda mengalami turun mesin mobil ini, tentu harus dibawa ke bengkel profesional dan terpercaya. Anda bisa datang ke Dokter Mobil sebagai salah satu bengkel rekomendasi terbaik saat ini.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *