Penyebab Mobil Ndut-ndutan di RPM Rendah dan Solusi Terbaiknya

Saat berkendara dan terasa mobil ndut-ndutan di RPM rendah, tentu sangat tidak menyenangkan dan menjadi indikasi adanya masalah awal pada mesin kendaraan. Mobil yang mengalami gejala ini, rasanya akan mau mati namun tidak lama kemudian rpm-nya menjadi normal lagi. Kejadian ini terus berulang, dan mobil melambat seperti mau mati, namun tiba-tiba bergerak lagi saat rpm-nya normal.

Kondisi seperti ini tentu sangat membahayakan, apalagi saat berkendara di jalanan macet yang banyak kendaraan. Anda bisa jadi menabrak atau ditabrak oleh mobil lain. Salah satu tekniknya adalah memainkan kopling agar RPM tetap terjaga. Namun, kalau berada di jalanan macet tentu hal ini akan sangat melelahkan. Bahkan, bisa jadi tiba-tiba mobil mati ditengah kemacetan tersebut.

Penyebab masalah ini memang ada beberapa. Diperlukan pemeriksaan yang lebih teliti, mengingat masalah ini berhubungan dengan komponen mesin atau yang berhubungan langsung dengannya. Jika Anda tidak punya pengalaman, maka jangan coba-coba memperbaikinya sendiri, karena hal tersebut malahan bisa membuat keadaan menjadi semakin parah. Semakin parah kerusakan, pasti biaya servicenya makin mahal.

Beberapa Penyebab Mobil Ndut-ndutan di RPM Rendah

Mobil ndut-ndutan di RPM rendah memang tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sebelum membawanya ke bengkel, sebaiknya Anda juga mengetahui apa saja penyebabnya. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa penyebab ini:

  • Filter Udara Yang Kotor

filter udara mobil kotor

Penyebab pertama mobil ndut-ndutan di rpm rendah yang mungkin terjadi yaitu karena filter udara yang kotor. Seperti yang diketahui, fungsi filter udara sendiri yaitu menyaring udara yang masuk ke mesin agar dalam keadaan bersih. Saat kotoran terlalu pekat dan menumpuk, maka udara yang masuk juga akan berisi kotoran debu. Udara kotor yang masuk ke ruang pembakaran menyebabkannya tidak sempurna. Pembakaran tidak sempurna bisa membuat mobil terasa ndut-ndutan di RPM rendah.

  • Filter Bensin Yang Kotor

masalah pada filter bensin

Selain disebabkan karena filter udara, filter bensin yang kotor juga bisa membuat masalah mobil ndut-ndutan di RPM rendah. Kotoran yang pekat pada filter bensin ini, bisa membuat aliran bahan bakar terhambat dan yang masuk jauh lebih sedikit dari yang seharusnya. Hal ini dapat berimbas pada tenaga mesin yang menjadi kurang dan terasa ndut-ndutan. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan rutin bahkan penggantian jika sudah sangat kotor.

  • Injektor Kotor Serta Mampet

Kotornya injektor atau mengalami mampet bisa jadi penyebab lainnya. Biasanya, injektor yang kotor ini juga diawali oleh filter bensin yang kotor. Injektor adalah Komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke tiap-tiap silinder blok mesin. Jika mampet, akan mengakibatkan bensin tidak bisa masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya, 1 atau sebagian silinder mesin tidak bisa memacu dengan sempurna, tenaganya rendah, sehingga membuat laju mobil jadi ndut-ndutan.

Solusi Perbaikan Ndut-ndutan di RPM Rendah

Masalah mobil ndut-ndutan di RPM rendah, penyebabnya kebanyakan memang karena kotor atau mampet pada salah satu komponen yang berpengaruh dengan mesin. Tindakannya bisa dilakukan pergantian ataupun pembersihan terhadap part tersebut. Untuk melakukannya, Anda bisa sendiri jika paham atau mendatangi bengkel profesional yang bisa menangani masalah ini, contohnya Dokter Mobil.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Kesimpulannya, salah satu tanda mengalami permasalahan awal, yaitu terasa mobil ndut-ndutan di RPM rendah. Bengkel Dokter Mobil, bisa jadi solusinya. Dengan dukungan tenaga profesional bersertifikasi, serta peralatan yang sangat lengkap membuat perbaikan dapat dilakukan dengan cepat dan bersih. Selain itu sparepart yang tersedia juga cukup lengkap sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama, apabila ada komponen yang perlu diganti.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *