Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes di Bengkel

Merembesnya oli pada mobil memang sangat meresahkan, dan mengetahui apa penyebab serta biaya perbaikan oli mesin mobil rembes menjadi penting. Oli rembes pada mobil merupakan kondisi yang tidak lazim dan harus diatasi sesegera mungkin. Menunda-nunda melakukan perbaikan, bisa membuat kerusakan yang merembet ke komponen lain.

Ini Dia Penyebab Oli Mobil Rembes

Biaya perbaikan oli mesin mobil rembes harus diketahui karena jika dibiarkan, bisa membuat perlahan-lahan oli dalam mesin akan habis. Kalau hal tersebut terjadi,tentu pelumasan tidak akan optimal dan lebih mudah terjadi aus. Adapun beberapa penyebab oli rembes pada mobil ini antara lain sebagai berikut :

  • Kerusakan Baut Penutup

Penyebab pertama terjadinya rembesan oli bisa karena baut penutup yang rusak. Ini mungkin saja terjadi pada saat penggantian oli, di mana mekanik kurang menutupnya secara rapat. Atau bisa juga karena terlalu keras dalam memasang baut sehingga ulirnya terkelupas dan oli merembes saat baut dilepaskan kembali.

  • Kebocoran Pada Bak Oli

Pada mobil, terdapat bagian yang yang disebut dengan packing carter atau bak oli. Pada merek mobil keluaran lama, terdapat gasket berbahan karet di dasar bak. Jika usia mobil sudah cukup lama, maka bagian itu akan semakin mengeras dan berakibat oli mobil tercecer. Solusinya hanya dengan mengganti bak oli bocor itu.

  • Terjadi Kerusakan Seal Filter dan Crankshaft Bocor

Penyebab rembesnya oli yang selanjutnya adalah kerusakan pada seal filter oli. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin mengecek cellini dan mengaturnya dengan kencang. Selain itu, seal crankshaft yang merupakan komponen di bagian belakang juga bisa mengalami kebocoran. Ini bisa berakibat oleh merembes juga.

Akibat Oli Rembes Pada Mobil

akibat mesin mobil rembes

Informasi biaya perbaikan oli mesin mobil rembes dan akibatnya juga harus anda tahu. Membiarkan oli rembes cukup berbahaya. Dengan rembesan tersebut, lama-lama akan semakin meluas dan volume oli berkurang. Saat kebutuhan oli lebih sedikit dari yang seharusnya, tentu saja pelumasan tidak optimal. Ini bisa berujung pada keausan yang terjadi lebih cepat.

Gesekan yang tidak terkendali akan membuat aneka macam kerusakan bermunculan. sejumlah kerusakan yang umum yang muncul di antaranya silinder piston yang semakin tipis, kanvas kopling terkikis, sampai dengan gigi transmisi yang mulai terganggu. Lama-kelamaan, kendaraan Anda bisa makin rusak bahkan sampai turun mesin.

Solusi Dan Biaya Perbaikan Oli Mobil Rembes

Saat rembesan oli ini sudah terjadi dan sampai bocor dengan cukup banyak, caranya dengan berusaha menahan rembesan tersebut dan juga sebaiknya gantilah packing set di sambungan blok mesin. Ini juga harus diimbangi dengan sealant yang tahan panas untuk menghambat kebocoran pada celah-celah kecil. Untuk itu perlu diketahui packing set yang harus diganti karena mempengaruhi biaya perbaikan oli mesin mobil rembes.

Biaya Penggantian Packing Set

biaya service mobil

Biaya perbaikan oli mesin mobil rembes diketahui dari biaya ganti packing set mobil. Harganya, bervariasi tergantung beberapa faktor mulai dari jenis mobil, harga dari supplier, harga jual yang ditetapkan bengkel, kualitas dan segi keasliannya. Ganti packing set mobil harganya bervariasi mulai dari Rp 550.000 sampai dengan Rp 5.000.000.

Mengatasi oli rembes sendiri tentu membutuhkan biaya lainnya. Karena kemungkinan besar, ada komponen lainnya yang juga perlu diganti. Untuk mengeceknya, Anda bisa konsultasikan kepada bengkel rekanan yang dipercaya.

Baca Juga : Harga Ganti Oli Mobil

Demikianlah informasi seputar biaya perbaikan oli mesin mobil rembes yang ada di bengkel. Masalah oli rembes memang jangan disepelekan dan harus segera diatasi dengan mendatangi bengkel profesional dan terpercaya. Salah satu rekomendasi bengkel yang bisa menangani masalah oli rembes ini adalah Dokter Mobil yang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *