Pilih Mana, Bengkel Mobil Umum Atau Resmi? Ini Tipsnya

Jika sudah waktunya, kendaraan memang harus diservis secara teratur ke bengkel mobil agar performa secara keseluruhan lebih nyaman. Namun, salah satu hal yang membuat galau adalah apakah membawa mobil ke bengkel umum atau  bengkel resmi?. Tentunya Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum anda menyesal di kemudian hari.

Baik bengkel resmi maupun umum, tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Banyak faktor yang mempengaruhi pertimbangan seseorang yang memilihnya, misalnya dari harga, ketersediaan suku cadang, lokasi, dan sebagainya.

Ini Dia Beberapa Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Tepat

  • Harus Mampu Membedakan

bengkel mobil terdekat

Pada bengkel mobil resmi dan umum terdapat sejumlah perbedaan. Anda harus mampu melihatnya sebelum memutuskan di mana. Adapun sejumlah perbedaan itu dapat dilihat dari beberapa aspek, misalnya pelayanan dan suku cadang.

    1. Pelayanan Bengkel Umum

Bengkel umum tentunya tidak punya ikatan kerjasama dengan merek mobil tertentu. Dengan demikian, apapun jenis kendaraannya bisa ditangani di bengkel umum tersebut. Suku cadang yang disediakan juga umumnya lebih beragam mulai yang original seperti di bengkel resmi (OEM), suku cadang non OEM, sampai suku cadang kualitas rendah.

    1. Pelayanan Bengkel Resmi

Pada bengkel mobil resmi, biasanya sudah ada ikatan kerjasama antara bengkel dan merek penjualan (dealer). Dengan kata lain, pada bengkel resmi umumnya hanya melayani kendaraan dengan merk yang sama. Penyediaan suku cadang tentu juga disesuaikan dengan merk mobil tersebut.

  • Mengetahui Harga Jasanya

biaya service mobil

Perbedaan harga juga tentu bisa jadi pertimbangan apakah Anda memilih bengkel umum atau resmi. Pasalnya, anda ingin servis dengan biaya terjangkau namun pelayanan tetap maksimal. Berikut ini sejumlah perbedaannya.

    1. Harga Jasa Bengkel Umum

Pada umumnya, harga service mobil di bengkel umum ditentukan dari diagnosanya dan mekanik yang mengerjakan. Harganya juga bervariasi, namun memang lebih murah dari pada bengkel resmi. Kisaran untuk biaya tune up bisa dimulai dari Rp350.000 saja tergantung bengkel, tipe mobil, dan berapa kapasitasnya.

    1. Harga Jasa Bengkel Resmi

Tarif servis di bengkel mobil resmi juga bervariasi bergantung pada beberapa hal. Umumnya, jenis kendaraan dan tipe mobil akan menentukan kecil besarnya biaya perawatan. Berlaku juga pengkategorian berdasarkan kilometer yang ditempuh, ongkos perawatan dan suku cadang akan bervariasi.

Contohnya, anda ingin service mobil Honda Brio (MT) untuk 20 ribu km. Tarif yang dikenakan adalah Rp450.000 untuk jasa, dan Rp370.000 untuk komponen kimia. Mobil dengan tipe sama dan mencapai 40 ribu kilometer harganya akan berbeda pada jasa maupun komponen kimia.

  • Memahami Peralatan Yang Dipakai

bengkel mobil terdekat

Hal selanjutnya yang bisa jadi pertimbangan adalah peralatan yang dipakai di bengkel. Baik pada bengkel umum maupun resmi, tentunya kebijakan dan ketersediaan alat yang berbeda.

    1. Peralatan Di Bengkel Umum

Walaupun melayani berbagai merek kendaraan, tidak semua bengkel mobil umum mempunyai peralatan yang lengkap. Ini tergantung seberapa besar bengkel tersebut dan berapa lama berdirinya. Bengkel umum yang besar tentu peralatannya akan lengkap, apalagi jika memang sudah ada sejak lama.

    1. Peralatan Di Bengkel Resmi

Di bengkel resmi, tentunya peralatan yang disediakan akan lebih lengkap. Hal ini karena memang mereka spesifik memberikan pelayanan pada mobil dari merek tertentu. Hidrolik untuk kaki-kaki, scanner, serta peralatan lainnya sudah pasti akan tersedia. Ini sebanding dengan harga pelayanannya yang tentu lebih besar dari bengkel umum.

Baca Juga : Harga Oli Mobil Avanza

Kesimpulannya, baik bengkel mobil resmi maupun umum memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Semua pilihan memang tergantung anda. Hal yang pasti, jangan sampai mobil dirawat pada bengkel yang belum teruji kualitasnya dan tidak punya banyak cabang.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *