Sudah Tahu? Harga Fan Radiator Avanza Terbaru di Pasaran

Tahukah Anda harga fan radiator Avanza? Kipas radiator berfungsi untuk membuang hawa panas dari radiator agar suhu mesin senantiasa terjaga. Jika kipas radiator mobil rusak, maka akan mengakibatkan mesin overheat. Hal ini gara-gara elemen terhadap radiator benar-benar panas.

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Fan Radiator Mobil Avanza Mati

Harga Fan Radiator AvanzaSebelum Anda mengetahui harga fan radiator Avanza, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan fan radiator mobil bisa mati. Penyebabnya tentu saja beragam, tetapi rata-rata mudah untuk diatasi. Yang terpenting adalah Anda harus rajin merawat mesin mobil Anda agar tidak terjadi kerusakan pada mobil Anda, terutama komponen radiator.

  1. Drive Belt Bermasalah

Masalah yang mungkin sering berjalan adalah putusnya drive belt. Khususnya terhadap kipas jenis konvensional, drive belt merupakan mesin penggeraknya. Drive belt yang putus ini disebabkan oleh ada tetesan oli terhadap anggota permukaan belt. Permukaan belt yang berbentuk kering ini dapat menjadi slip ketika ketumpahan oli mesin atau pelumas. Tetesan pelumas ini dapat mengakibatkan panas supaya drive belt dapat habis tergerus. Jika drive belt putus, maka proses pendinginan juga bakal terganggu bahkan tidak bekerja.

Cara mengatasinya :

Pastikan drive belt selalu di dalam kondisi baik. Pastikan tidak ada pelumas maupun oli yang menetes terhadap anggota drive belt. Untuk Anda terutama pengguna kipas konvensional, maka harus hukumnya untuk sering mengecek anggota drive belt ini. Apabila kondisi drive belt udah sangat buruk, maka harus diganti dengan yang baru.

  1. Sekring Kipas Putus

Sekring terhadap fungsinya adalah untuk mengamankan rangkaian elektrik. Tetapi apabila pada rangkaian listrik terdapat hal yang tidak beres, maka sekring dapat mati secara otomatis sebagai langkah pengamanan. Jika sekring terhadap sambungan kipas yang mati, maka ini dapat menjadi penyebab ekstra fan Avanza mati.

Cara mengatasinya :

Untuk kasus matinya ekstra fan karena sekring yang putus, jangan terburu-buru mengganti sekring dengan yang baru. Sekring terputus karena berjalan masalah, supaya harus dijalankan kontrol terhadap sambungan ekstra fan. Jika terburu-buru mengganti sekring dengan sekring berkemampuan sama, maka dapat menjadi sekring bakal ulang terputus. Maka jalankan kontrol apakah ada anggota yang terbakar atau kelebihan daya.

Baca Juga : Harus Tahu! Harga Dinamo Kipas Radiator Mobil yang Terbaru

  1. Kabel Kipas Putus

Diantara banyak penyebab matinya ekstra fan, dapat menjadi sebagian karena faktor berasal dari luar seperti kabel kipas yang putus. Kabel yang putus ini dapat disebabkan oleh banyak hal salah satunya karena gigitan tikus. Maka pengemudi harus berhati-hati di dalam memarkir mobil supaya tidak dengan enteng mesin mobil terhadap anggota ekstra fan dimasuki hewan seperti tikus yang dapat menggerogoti kabel. Kalau kabel pada fan putus, maka fan tidak akan bisa menyala.

Cara mengatasinya :

Jika kabel ekstra fan putus, maka Anda cuma harus menyambungnya saja dengan  isolasi atau selotip dengan hati-hati. Dan setelah itu jalankan antisipasi supaya tidak ada tikus yang masuk ke dalam mesin ekstra fan.

  1. Resistor Bermasalah

Penyebab ekstra fan Avanza mati seterusnya  yang dapat berjalan adalah putusnya anggota resistor di dalam kipas. Resistor di dalam kipas sangat berperan penting terhadap nyala kipas. Di dalam ekstra fan terdapat beberapa komponen resistor yang jika salah satu resistor bermasalah, maka dapat mengakibatkan kasus seperti nyala kipas atau ekstra fan. Masalah terhadap resistor ini mengakibatkan nyala kipas menjadi tidak stabil atau tidak cukup terkontrol.

Cara mengatasinya :

Untuk menanggulangi kasus ekstra fan yang mati karena resistor, Anda harus mengecek terhadap bagian resistor. Pastikan apakah benar ada kasus terhadap salah satu atau sebagian resistor terhadap kipas. Anda dapat meminta perlindungan kepada mekanik untuk dijalankan  perbaikan atau penggantian anggota resistor yang rusak. Namun apabila rusaknya nampak parah, lebih baik dijalankan penggantian satu unit kipas pendingin supaya kasus tidak muncul-muncul konsisten yang justru dapat menyingkirkan saat dan duit lebih banyak untuk perbaikannya.

Harga Fan Radiator Avanza yang Baru

Itulah tadi beberapa penyebab fan radiator mobil mati dan cara mengatasinya. Setelah Anda mengetahui penyebab fan radiator mati, sekarang waktunya kami menjelaskan harga fan radiator Avanza yang terbaru. Harga fan radiator Avanza berbeda-beda tergantung tempat Anda membelinya. Tetapi ada satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa harga fan radiator Avanza di bawah ini tidak bisa Anda jadikan patokan, tetapi hanya perkiraan saja jadi bisa saja berubah.

Bagi Anda yang ingin membeli fan radiator Avanza, harganya adalah sekitar nampan Rp 85.000 sampai Rp 125.000. Harganya memang tidak terlalu mahal ya. Tetapi dengan harga yang tidak terlalu mahal, bukan berarti Anda jadi malas untuk merawat mobil Anda. Hal tersebut tidak boleh terjadi karena bisa saja menyebabkan kerusakan pada komponen yang lainnya. Itulah tadi perkiraan harga fan radiator Avanza terbaru. Jika Anda merasa bingung Anda dapat menghubungi bengkel yang menyediakan komponen tersebut untuk menanyakan harga fan radiator Avanza secara lengkap.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?