Biaya Turun Mesin Mobil Dan 4 Tanda – tandanya

Apakah anda pernah mengenal istilah turun mesin? Jika sudah, selanjutnya anda perlu mengetahui juga mengenai biaya turun mesin mobil. Istilah ini merupakan sebuah Proses bongkar atau mesin dilepaskan dari mobil. Pekerjaan ini harus dilakukan oleh teknisi berpengalaman karena membutuhkan waktu dan biaya yang besar.

Karena penggunaan, kendaraan mungkin pada suatu waktu harus mengalami turun mesin ini. Mobil yang sudah dilakukan pembongkaran tersebut, akan ditaruh di bengkel dalam jangka waktu tertentu lumayan lama. Jika terpaksa harus dilakukan, tentu anda harus mempersiapkan seberapa besar budget-nya dan disini saya akan menjabarkan biaya turun mesin mobil berdasarkan merk.

Beberapa Tanda Mobil Harus Turun Mesin

cara mengatasi asap putih pada mesin diesel

Disamping mengetahui informasi biaya turun mesin mobil mobil, ada sejumlah tanda yang bisa membuat kendaraan harus dilakukan service ini. Anda tidak boleh membiarkan tanda ini berlarut-larut sampai merusak kendaraan lebih besar lagi. Berikut ini beberapa gejala mobil biasa dilakukan tindakan overhaul ini ;

  • Keluar Asap Putih Pekat

Keluarnya asap putih pekat dari knalpot disebabkan adanya oli yang masuk ke ruang pembakaran. Oli tersebut ikut terbakar saat busi dinyalakan. Jika terjadi, ada beberapa kemungkinan komponen bermasalah seperti silinder head, packing head, ring piston, bore silinder, seal valve, atau PC Valve. Untuk memperbaikinya, perlu pemeriksaan menyeluruh dengan cara turun mesin.

  • Terjadi Overheating

Apabila mobil berjalan pelan namun ternyata terjadi peningkatan suhu yang drastis, perlu juga dilakukan pemeriksaan. Jika dibiarkan terus-menerus, mesin bisa overheating dan mati mendadak atau mogok. Overheating bisa membuat silinder head melengkung dan oli bercampur air.

  • Air Radiator Mengandung Minyak

Tanda ini biasanya disebabkan silinder head berkarat dan terjadi lubang-lubang yang membuat oli masuk ke saluran air atau ruang kompresi. Biasanya tindakannya adalah mengganti dengan silinder baru. Namun, kalau oli sudah kecoklatan dan bercampur air mau tidak mau tetap harus dilakukan tindakan turun mesin.

  • Suara Mesin Terdengar Kasar

Untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, seharusnya suara mesin terdengar halus dan berbeda dengan mobil berbahan bakar diesel. Jika terdengar kasar sampai tidak nyaman, perlu dilakukan pengecekan terutama bagian pulley. Jika kerusakan pada bagian itu maka tidak perlu turun mesin. Namun jika bukan, pemeriksaan menyeluruh harus dilakukan.

Berapakah Biaya Service Turun Mesin?

biaya service mobil

Tindakan overhaul memang membutuhkan waktu dan biaya turun mesin mobil yang tidak sedikit. Oleh karena itu seringkali ini menjadi momok bagi pemilik kendaraan. Karena, jika mobil sudah sampai turun mesin, bisa menghabiskan biaya sampai jutaan rupiah. Namun tetap lebih baik daripada terus dibiarkan yang bisa berakibat kerusakan makin parah.

Tindakan turun mesin terbagi Jadi dua biayanya, yaitu biaya jasa dan biaya sparepart. pada umumnya, untuk mobil dari Jepang menghabiskan biaya jasa sekitar Rp.2 juta-Rp.5 juta sekali turun mesin. Sedangkan untuk biaya komponennya, bisa menghabiskan dana mulai Rp. 5 juta sampai  Rp.10 juta.

Baca Juga : Mesin Mobil Bunyi Nging

Contohnya untuk Toyota Avanza, biaya turun mesin mobil sekitar Rp.3 juta. Sementara, kisaran harga sparepart tertinggi di angka Rp.5 juta. Rinciannya yaitu packing set seharga Rp 1,5 juta, sparepart piston seharga Rp. 1,8 juta, stang piston senilai Rp. 325 ribu, juga ring piston Rp. 450 ribu. Belum lagi tambahan engine mounting Rp. 630 ribu.

Kesimpulannya, perawatan rutin kendaraan harus dilakukan oleh anda agar menghindari biaya turun mesin mobil yang cukup besar. Jika menemui tanda-tanda seperti diatas segera konsultasikan pada bengkel terdekat. Salah satu bengkel yang bisa menangani pengecekan dan servis turun mesin yaitu Dokter Mobil yang sudah tersebar di banyak kota Indonesia.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?