4 Penyebab Kompresor AC Grand Livina Mengalami Kerusakan

Kompresor AC Grand Livina bisa juga mengalami kerusakan atau sudah masanya untuk diperbaiki atau diganti. Sama seperti kompresor mobil pada umumnya, kompresor AC Grand Livina mempunyai masa pakai yang jika sudah mencapai masa pakai tersebut maka harus diperbaiki atau diganti. Terlebih lagi jika Anda sering memakai mobil Anda untuk berpergian tanpa memperhatikan komponen seperti kompresor, kondensor, dan juga freon, masa pakainya akan menjadi lebih cepat.

Penyebab Kerusakan Pada Kompresor AC Grand Livina

Kompresor AC Grand LivinaBanyak hal yang bisa menyebabkan rusaknya kompresor AC Grand Livina. Tidak hanya disebabkan usia pemakaian, kerusakan bisa juga disebabkan karena pemilik kendaraan yang malas atau lalai dalam merawat kendaraannya. Atau bahkan karena pemilik kendaraan tidak mengetahui bahwa tidak hanya mesin dan bodi mobil saja yang harus dirawat. Tetapi, kompresor AC pada mobil juga harus dirawat. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab kompresor AC Grand Livina rusak.

  1. Sekring Magnetic Clutch Putus

Sekring yang putus merupakan sekring dari magnetic clutch. Jika sekring magnetic clutch ini putus maka sanggup saja disebabkan sebab arus listriknya sangat besar. Sekring magnetic clutch ini terdapat di fuse box di dalam area mesin. Jika bukan dari sekring bisa saja relay magnetic clutch nya yang rusak. Relay ini bekerja secara elektromagnetik disaat AC dinyalakan maka arus listrik bersama dengan beban besar bakal mengalir ke kumparan magnetic ini.

Nah, jikalau relaynya rusak maka arus listrik untuk menarik magnetic clutch jadi terputus agar kompresor sanggup saja mati . Untuk memahami rusak atau tidaknya sanggup kawan dekat pindah bersama dengan relay type yang sama. Namun jikalau sekring benar terputus maka tidak tersedia cara lain tak sekedar menggantinya bersama dengan yang baru.

  1. Oli Kompresor Habis

Penyebab kompresor AC mobil sanggup sebab oli kompresor yang habis. Sama seperti mesin mobil, kompresor terhitung perlu oli untuk mengurangi gesekan antar bantalan komponen. Beberapa ciri oli kompresor AC mobil habis adalah tenaga berkurang saat AC menyala, adanya nada kasar atau berisik atau sanggup disebut terhitung ngorok dan AC mobil kurang dingin. Jika salah satu ciri ini terjadi terhadap mobil Grand Livina  kamu tersedia baiknya kamu mengecek oli kompresor.

Untuk mengecek oli kompresor kamu sanggup berkunjung ke bengkel Dokter Mobil sebab cuma di Dokter Mobil yang miliki alat canggih untuk mengecek oli kompresor. Selain itu, kamu terhitung sanggup segera konsultasi bersama dengan teknisi Dokter Mobil segera mengenai persoalan terhadap kompresor AC Grand Livina kawan dekat otomotif.

  1. Fan Belt Bermasalah

Fan belt ini terhitung sanggup mengakibatkan kompresor AC Grand Livina jadi mati. Pasalnya fan belt ini sendiri berfaedah untuk menghubungkan pulley AC bersama dengan pulley crankshaft di mesin. Jadi jikalau mesin hidup maka putarannya sanggup digunakan oleh pulley kompresor AC untuk memutar pompa di dalam kompresor. Jika justru fan belt ini putus, maka tidak tersedia pilihan lain tak sekedar kawan dekat otomotif menggantinya bersama dengan yang baru. Harga fan belt baru sendiri tidak mahal kok kawan dekat otomotif. Kisaran harganya di 150 ribu hingga 175 ribu rupiah.

  1. Freon Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit

Kapasitas freon yang tersedia terhadap kompresor AC Grand Livina sanggup saja kebanyakan atau sangat sedikit. Kalau jumlah volumenya sedikit sanggup saja terjadi kebocoran terhadap selang. Jika freon kurang maka kinerja kompresor jadi lebih berat. Karena kompresor perlu memompa freon ke semua proses AC. Jika dibiarkan kompresor sanggup rusak dan mati.

Baca Juga : Penyebab Mobil Carry Susah Hidup

Kelebihan gas freon terhitung sanggup mengakibatkan kompresor AC mobil rusak. Jika freon yang diisi sangat banyak maka pipa AC bakal mengalami tekanan yang sangat tinggi, agar arus listrik yang dialirkan segera ke magnetic clutch bakal putus. Jika tekanan ini sangat berlebihan terhitung sanggup mengakibatkan AC tidak dingin. Hal ini sebab freon yang muncul masih bersifat gas bukan kabut. Padahal normalnya saat freon muncul dari kondensor seharusnya telah bersifat kabut.

Itulah tadi beberapa penyebab kompresor AC Grand Livina mengalami kerusakan. Untuk mengatasi kompresor AC yang mengalami kerusakan, Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel AC mobil terdekat untuk dilakukan servis dan perbaikan. Seperti bengkel Dokter Mobil yang merupakan bengkel spesialis AC mobil.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?