4 Cara Memilih Oli Mobil Terbaik Untuk Avanza Terbaru

Memahami informasi oli mobil terbaik untuk Avanza penting diketahui oleh para pemiliknya, agar tidak salah dalam menentukan jenis dan merk yang cocok dengan mesin. Fungsi oli sendiri penting untuk melumasi mesin mobil supaya tidak terjadi gesekan terlalu keras satu dengan yang lain. Supaya tetap bekerja mulus, jangan biarkan mesin mobil Anda salah diberikan oli. Jika hal tersebut diabaikan, maka dampaknya tenaga mesin bisa terus menurun.

Biasanya, memang teknisi di bengkel akan merekomendasikan jenis oli yang paling sesuai dengan tipe kendaraan Anda, termasuk mobil Avanza. Akan tetapi, Andapun punya hak memilih dan juga wajib tahu seperti apa oli yang tepat untuk mobil. Dengan begitu, Anda juga bisa melakukan perbandingan manakah jenis oli yang paling bagus dan terjangkau dari segi harga.

4 Tips Dalam Memilih Oli Mobil Terbaik untuk Avanza

oli avanza berapa liter

Pemilihan oli mobil terbaik untuk Avanza akan mendukung kinerja mesin berjalan optimal. Hasilnya bisa membuat mobil jadi irit bahan bakar, tarikan enteng, sampai dengan memperpanjang umur mesin sehingga terhindar dari turun mesin. Berikut ini sejumlah tips dalam memilih oli mesin terbaik untuk kendaraan Avanza:

  • Memahami Karakter Mesinnya

Cara paling sederhana dalam memilih oli mobil terbaik untuk Avanza adalah dengan membaca panduan manual book yang biasanya diberikan saat pembelian mobil. Biasanya dalam buku panduan tersebut akan dijelaskan tentang spesifikasi mesin dan juga jenis oli sesuai kriterianya. Hal yang paling penting adalah kecocokan dengan mesin mobil serta kualitas. Jangan terpaku dengan merk oli mobil saja.

  • Tingkat Kekentalan Oli

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah tingkat kekentalan oli. Meskipun punya fungsi yang sama, namun oli bisa melindungi secara maksimal jika sesuai dengan karakter mobil. Umumnya perbedaan itu bisa dilihat dari tingkat kekentalan cairan. Tingkat kekentalan atau viscosity grade tersebut bisa dilihat dari nomor Society Of Automotive Engineers (SAE).

Jika angka yang ada dibelakang kode SAE semakin besar, maka tingkat kekentalannya semakin bertambah. Contohnya, oli dengan tulisan kode SAE 15W-40, menunjukkan bahwa tingkat kekentalan pada kondisi winter (WAE) adalah di angka 15. Sementara itu, pada saat keadaan panas tingkat kekentalannya adalah 40.

  • Bahan Dasar Pembuatan Oli

Oli mobil terbaik untuk Avanza sendiri dibagi menjadi dua macam dilihat dari bahan yang dipakai. Pertama, adalah oli sintetik yang dibuat dari bahan buatan atau kimia yang memiliki sifat aditif. Kedua yaitu oli mineral yang dibuat ekstraksi dari minyak bumi yang dapat dikatakan juga cenderung lebih alami. Oli sintetik bisa berfungsi lebih maksimal saat digunakan pada mobil keluaran terbaru.

Ada sejumlah kelebihan dari oli sintetik maupun mineral. Khusus oli sintetik, kelebihannya lebih banyak, diantaranya penguapan lebih rendah dan stabil pada suhu tinggi, tahan terhadap gesekan dan harganya lebih ekonomis. Selain itu, dapat lebih menjaga kebersihan mesin karena mengandung deterjen.

  • Waspada Terhadap Oli Palsu

Di masa kini banyak beredar oleh abal-abal di pasaran. Seringkali harganya dipatok murah sehingga menarik banyak peminat, namun kerap kali para penjualnya memberikan strategi promosi yang sangat meyakinkan. Anda harus hati-hati terhadap peredaran oli palsu ini dan jangan sampai membelinya karena bisa berakibat pelumasan jadi gagal bahkan merusak komponen mesin.

Ciri-ciri oli palsu ini umumnya warnanya lebih pekat dan hitam gelap tidak seperti oli asli yang warnanya kuning jernih seperti minyak kelapa sawit. Ciri oli palsu berikutnya terasa kasar saat dipegang dengan kedua jari karena mengandung logam. Ciri selanjutnya yaitu baunya tengik seperti hasil dari pembakaran. Jika Anda menemukan ciri tersebut terdapat pada sebuah tempat pembelian oli, maka patut waspada dan sebaiknya cari tempat yang lain.

Baca Juga : Bengkel Service Mobil Terdekat

Kesimpulannya, dalam membeli oli mobil terbaik untuk Avanza harus dilakukan secara hati-hati karena jika salah, maka tidak sesuai dengan kondisi mesin. Pergantian oli juga harus dilakukan rutin pada bengkel profesional seperti bengkel Dokter Mobil. Tersedia berbagai service salah satunya pengurasan dan pergantian oli yang bisa Anda lakukan di sini.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *