5 Cara Menghilangkan Asap Putih Pada Mobil Diesel Di Bengkel

Saat memahami cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel tentu akan sangat berguna, karena bisa dilakukan secara mandiri jika memang hal itu bisa dilakukan. Semua pemilik mesin diesel common rail tentu sudah paham betapa sengsaranya saat keluar asap putih yang berlebihan dari knalpot. Untuk para pengguna D-CAB maupun SUV diesel, pasti langsung akan memikirkan berapa biaya perbaikan yang diperlukan untuk mengatasinya.

Lebih buruknya, seringkali masalah yang umum dialami penggunaan mesin diesel ini salah diagnosanya. Ujung-ujungnya, bukan hanya keluar uang dengan percobaan namun juga masalah yang tak kunjung beres. Oleh karena itu, dalam mendeteksi masalah keluarnya asap putih ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus dari teknisi yang punya pengalaman.

Cara Menghilangkan Asap Putih pada Mobil Diesel

bengkel mobil terdekat

Jika Anda memang tidak punya kemampuan untuk mempraktikkan cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel, tentunya harus dilakukan pada bengkel profesional dengan teknisi yang berpengalaman. Biasanya, langkah-langkah dalam penanggulangan keluarin asap putih dari mesin diesel :

  • Pembersihan Throttle Body

Hal pertama yang dilakukan dalam mengatasi keluarnya asap putih banyak mobil mesin diesel adalah dengan membersihkan throttle body. Ada kemungkinan kotoran menumpuk yang masuk dari filter udara. Bagian ini harus dipastikan dalam kondisi bersih dan tidak ada debu serta kotoran yang menyumbatnya. Semakin banyak sumbatan kotoran yang pada, bisa membuat asap semakin tebal dan lama-kelamaan membuat mesin rusak.

  • Membersihkan Bagian Nozzle

Cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel lainnya saat melakukan tune up diesel, adalah bagian Nozzle. Bagian Nozzle ini sendiri mempunyai fungsi dalam menghantarkan bahan bakar ke bagian dalam silinder mesin. Apabila pemakaian bahan bakar solar dengan cetane numbernya tidak sesuai dengan rekomendasi, juga bisa menyebabkan adanya endapan kotoran di bagian Nozzle.

  • Membersihkan Bagian Saluran Intake

Cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel adalah dengan membersihkan saluran intake dengan memakai saluran cairan diesel intake cleaner. Sambil Nozzle dibersihkan dengan cara di purging, saluran intake juga akan dibersihkan dengan cairan diesel intake cleaner. Prosesnya sendiri berbarengan dengan proses purging tersebut.

  • Membersihkan Bagian Katup Serta Pipa EGR

Salah satu bagian penting yang ada pada mesin diesel dan tidak boleh dilewatkan dalam dibersihkan adalah katup serta pipa exhaust gas recirculated atau EGR. Komponen tersebut mempunyai fungsi dalam menekan kadar emisi gas buang dengan mengembalikan sebagian emisi dari gas buang tersebut ke ruang pembakaran. Pada umumnya, kondisi kualitas dari bahan bakar diesel yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, bisa menyebabkan timbul gejala di sekitar katup serta pipa EGR.

  • Mengecek Kondisi Udara Dan Filter Diesel

bengkel ford terdekat

Cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel yang terakhir, adalah mengecek keadaan filter udara dan juga filter solar tetap dalam keadaan kondisi layak. Jika kotor, tentu juga bisa berpengaruh pada semakin berkurangnya tenaga. Selain itu, keluar pula asap knalpot dan menjadi hitam pekat. Filter tersebut jika memang sudah tidak layak digunakan, maka wajib diganti.

Baca Juga : Rekomendasi Oli Mesin Avanza

Kesimpulannya, cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel bisa Anda lakukan di bengkel terpercaya. Salah satu nama yang populer dalam perbaikan ini adalah Dokter Mobil. Dengan teknisi handal, peralatan lengkap, serta sparepart lengkap, maka perbaikan mobil diesel Anda di bengkel dapat dilakukan dengan cepat dan rapi. Untuk informasi lebih lanjutnya, Anda bisa langsung mengunjungi situs www.doktermobil.com.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?