Inilah 7 Cara Pengusir Tikus di Mesin Mobil yang Paling Ampuh

Cara pengusir tikus di mesin mobil sesungguhnya agak rumit. Bukan tidak mungkin dapat berlangsung korsleting sampai kerusakan lainnya yang lumayan parah pada mobil Anda.

Ada beberapa sinyal bila tikus udah terlanjur masuk ke dalam mesin mesin mobil Anda, misalnya Anda dapat menemukan daun di mesin mobil, kotoran tikus yang berceceran di sudut-sudut kap mesin mobil, serta bau tikus yang tidak sedap dapat tercium selagi kamu mengakses kap mesin mobil.

Pengusir Tikus di Mesin Mobil Paling Ampuh

Pengusir Tikus di Mesin Mobil

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab tersedia beberapa cara untuk menahan masuknya hewan tersebut ke dalam mobil kesayangan Anda. Simak penjelasan lengkapnya tentang pengusir tikus di mesin mobil yang paling ampuh di bawah ini.

  1. Panaskan Mesin Mobil Dengan Rutin

Cara pertama untuk pengusir tikus di mesin mobil adalah memanaskan mesin secara rutin. Anda harus sering memanaskan mesin mobil Anda, baik yang sering digunakan maupun yang jarang digunakan. Ini dapat dilakukan selama 3 sampai 5 menit. Biasanya, tikus senang untuk bersarang di mobil yang jarang dipakai.

Dengan memanaskan mesin mobil tiap tiap hari secara rutin, dapat menghindar tikus bersarang di mesin mobil sebab mesin yang panas membawa dampak hewan berikut enggan memasuki area mesin tersebut.

  1. Jaga Kebersihan Mesin Mobil

Setiap pemilik mobil tentu saja wajib untuk senantiasa memelihara kebersihan mobilnya, juga bagian mesinnya. Untuk memelihara kebersihan mesin, tiap tiap pengguna mobil wajib senantiasa mengeceknya secara rutin. Pastikan tidak tersedia kotoran menempel atau sisa makanan yang dapat mengundang tikus datang.

Agar tikus tidak bersarang di mesin mobil, Anda harus segera membersihkan jika ada bagian mesin yang kotor. Sebagai hewan pengerat yang mempunyai bau tidak enak, tentu saja tikus bahagia sekali berada di lingkungan kotor.

  1. Menggunakan Perangkap Tikus

Cara pengusir tikus di mesin mobil berikutnya adalah menempatkan perangkap tikus di bagian bawah mesin dengan umpan makanan yang disukainya seperti keju. Setelah perangkap dipasang, tinggalkan kurang lebih satu hari. Perlu diketahui, kalau Anda menggunakan cara ini, direkomendasikan untuk tidak beri tambahan racun tikus terhadap umpan yang diberikan.

Karena, tikus tidak dapat mati secara enteng dengan memakan racun yang diberikan. Jika tikus ini nantinya mati sebab racun tersebut, bangkainya dapat sulit ditemukan. Akibatnya, tercium bau tidak enak yang menyelimuti mobil secara keseluruhan.

  1. Memakai Lampu LED

Selain tidak menyukai bau harum, tikus juga tidak bahagia dengan cahaya yang terang. Dengan demikian, langkah lain untuk mengusir tikus supaya tidak datang ke mesin mobil adalah beri tambahan lampu LED yang terang.

Tetapi sebaiknya Anda memakai lampu LED low voltage. Ini mempunyai tujuan supaya tidak membawa dampak aki mobilnya soak. Jadi lampu dapat digunakan di malam hari sebagai pengusir tikus di mesin mobil karena daya yang digunakan tidak sampai 1 watt. Anda hanya perlu menaruh lampu LED di sekitaran mesin mobil, lalu dihidupkan.

Baca Juga : Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup dan Cara Mengatasinya

  1. Pakai Alat Ultrasonik

Jika kabel pada mesin mobil banyak digerogoti oleh tikus, Anda dapat memakai langkah yang lumayan ekstrim, yakni memakai alat ultrasonik untuk mengusir tikus. Saat ini, telah banyak dijual alat ultrasonik yang dinilai dapat mengusir tikus secara cepat dan mudah. Tetapi, Anda harus berhati-hati karena bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil kalau dilaksanakan dengan sembarangan.

Cara kerja alat ini adalah dengan mengeluarkan suara ultrasonik berfrekuensi rendah yang dapat mengganggu tikus. Jika terdengar, tikus dapat menjauh. Langkah-langkah penggunaan alat ultrasonik pengusir tikus yakni hubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Lalu, meletakkan alat berikut di dalam area mesin dengan posisi jauh dari sumber panas.

Nyalakan alat ultrasonik saat mobil diparkirkan dengan cara menekan saklarnya. Perlu diketahui, alat ini bekerja dengan memakai arus listrik dari aki sepanjang semalaman. Oleh sebab itu, pastikan keadaan aki mobil Anda baik supaya akinya tidak tekor pas digunakan besoknya dan mobil dapat dihidupkan dengan normal.

  1. Buah Mengkudu

Tidak banyak yang menyadari bahwa buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai pengusir tikus di mesin mobil. Aroma dari buah ini yang sangat menyengat dibenci oleh tikus. Pertama, cari buah mengkudu, lalu potong seperti dadu. Selanjutnya, taruh potongan mengkudunya dalam sebuah wadah untuk ditempatkan di area mesin mobil yang sering didatangi tikus. Tikus dapat menjauh kalau menghirup aroma buah mengkudu.

  1. Memakai Cairan Pengusir Tikus

Pengusir Tikus di Mesin Mobil

Cara paling akhir sebagai pengusir tikus di mesin mobil adalah memakai cairan pengusir tikus. Cairan berikut dapat ditemukan di toko pembasmi hama. Cara memakai cairan ini pun lumayan mudah. Anda dapat menyemprotkan cairan pengusir tikus dengan semprotan. Tetapi sayangnya, cairan ini tidak dapat bertahan lama sebab dapat menguap pas mesin mobil dinyalakan.

Untuk menanggulangi perihal tersebut, dapat memakai kain kering. Semprotkan cairan pengusir tikus ke kain berikut hingga basah. Kemudian, taruh kainnya di mesin mobil dengan langkah diikat. Untuk mobil yang jarang dipakai, langkah ini dinilai pas untuk mengusir tikus dari mesin mobil.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan sebagai pengusir tikus di mesin mobil yang paling ampuh. Tidak hanya melakukan service rutin, tetapi Anda juga harus membersihkan mobil Anda dengan rutin agar tidak ada tikus yang bersarang di mesin mobil Anda.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?