Kapasitas Oli Mesin Avanza dan 5 Macam Jenis Oli Mobil

Berbicara kapasitas oli mesin Avanza, memang diperlukan bagi para pemiliknya agar tidak salah dalam mengisi oli kendaraan baik dari kualitas dan kuantitasnya. Kendaraan Avanza sendiri memang termasuk salah satu jenisnya di Indonesia yang sangat dikenal punya banyak konsumen. Selain kabinnya yang luas dan body yang bagus, harganya terbilang masih bisa terjangkau Bagi kalangan menengah Indonesia.

Dari segi fungsinya, oli merupakan komponen kendaraan yang sangat vital. Fungsinya beragam mulai dari melumasi komponen agar tidak terlalu bergesekan keras, lebih menghemat bahan bakar, serta juga bisa membuat part jadi lebih awet. Tanpa adanya oli mesin, gesekan tidak akan terkendali dan bisa membuat umurnya semakin pendek dan cepat rusak.

Mengenali Beberapa Jenis Oli Mobil Sebelum Mengetahui Kapasitas Oli Mesin Avanza

 

jenis oli

Selain informasi mengenai kapasitas oli mesin Avanza penting juga untuk paham apa saja jenis oli yang ada pada kendaraan ini. Hal tersebut agar dalam menggantinya dilakukan tepat waktu jika memang sudah seharusnya. Berikut ini adalah lima jenis oli yang ada pada mobil seperti Avanza:

  • Oli Mesin

Oli ini yang paling terdengar familiar dan terbagi menjadi tiga macam. Mulai dari oli mineral, oli semi sintetik, dan oli full sintetik. Oli mineral, oli ini dianggap paling aman untuk kebutuhan mobil karena terbuat dari minyak bumi. Oli semi synthetic dan full synthetic dibuat dari bahan-bahan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan mesin sesuai kendaraan. Pada umumnya, pergantian oli dilakukan setiap 5000-10000 kilometer untuk oli mineral. Sedangkan pada oli semi synthetic dan full synthetic bisa lebih lama lagi.

  • Oli Transmisi

Oli transmisi dibutuhkan dalam melancarkan sistem transmisi baik itu untuk kendaraan manual maupun matic. Kegunaannya adalah untuk merawat komponen dalam sistem gigi transmisi mobil agar tetap terawat. Untuk penggantiannya sendiri, disarankan setelah menempuh jarak 30.000-40.000 km. Pada jenis kendaraan matic, sebaiknya pergantian dilakukan sebelum mencapai 30.000 km. Dalam sekali penggantiannya, bisa menghabiskan 1 sampai 2 liter.

  • Oli Power Steering

Selain memahami kapasitas oli mesin Avanza, jenis oli lainnya seperti power steering juga penting untuk dilakukan pengecekan serta penggantian. Fungsinya adalah agar setir terasa nyaman dan tidak berat saat dibelokkan. Tidak ada perbedaan signifikan baik untuk mobil manual maupun matic. Penggantiannya dilakukan saat menempuh jarak 40.000 km sampai 50.000 km.

  • Oli gardan 

Komponen gardan merupakan bagian pada gear yang berfungsi dalam meneruskan tenaga dari mesin ke poros roda. Bagian ini umumnya berada di dalam transmisi atau bawah mobil. Oli garden berfungsi sebagai penghubung antara transmisi dan gardan agar lebih halus untuk meningkatkan kinerja mesin mobil. Waktu pergantiannya sendiri disarankan dalam jarak tempuh 50.000 km sampai 80.000 km.

  • Oli Rem

Oli rem di sering disebut juga dengan minyak rem. Fungsinya sendiri sebenarnya bukan untuk melumasi, namun agar membuat sistem pengereman jadi lebih pakem. Klasifikasi minyak rem terbagi menjadi DOT 2, DOT 3, dan DOT 4. Pergantiannya sebaiknya dilakukan 2 atau 3 tahun sekali, namun kalau sudah terlalu hitam dan pekat maka bisa lebih cepat lagi.

Berapa Kapasitas Oli Avanza?

layanan service ac mobil

Untuk mengetahui kapasitas oli mesin Avanza, sebenarnya tidak ada perbedaan dari jumlah cc mesinnya. Baik untuk Avanza 1.300 cc maupun 1.500 cc kapasitas oli mesinnya sama, yaitu sebanyak 3,5 liter. Jumlah tersebut termasuk dengan pergantian filter oli. Filter oli yang diganti akan lebih menjaga pembersihan oli agar tetap optimal.

Baca Juga : Bengkel Ford Terdekat

Kesimpulannya, kapasitas oli mesin Avanza perlu diketahui oleh para pemiliknya untuk memberikan gambaran Berapa jumlah ideal yang harus diganti. Baik pada kapasitas mesin 1300 cc atau 1500 cc, sebenarnya jumlahnya sama saja. Pergantian oli yang dilakukan di waktu yang tepat akan membuat kendaraan lebih nyaman dan mesin berumur panjang.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?