Kisaran Harga Ganti Oli Mobil, Beserta Rinciannya

Banyak orang yang bertanya mengenai seberapa sering interval ganti oli mobil dan berapa harga ganti oli mobil yang ada saat ini. mengganti oli mobil harus dilakukan secara rutin untuk menjaga performa terbaiknya agar dikendarai dengan nyaman. Akan tetapi, memang banyak yang tidak memahami seberapa banyak harga ganti oli mobil serta setiap kapan menggantinya.

Faktor Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Mobil

  • Waktu Untuk Ganti Oli Mobil

Spekulasi mengenai kapan waktu terbaik mengganti oli mobil seringkali tersedia dalam kisaran harga harga ganti oli mobil berbeda. Ada yang mengatakan setiap 3 bulan, 6 bulan, dan sebagainya. Selain itu, kilometer yang ditempuh juga seringkali diperhatikan sebagai pertimbangan mengganti oli dilakukan atau tidak.

  • Berdasarkan Jarak Tempuh

jarak ganti oli

Dari informasi yang didapatkan dari berbagai sumber, pada umumnya jarak untuk penggantian oli setelah mobil menempuh 5000 – 10000 KM. Untuk pemakaian normal, kisaran waktunya sendiri antara 4 bulan sampai 6 bulan sekali. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung dari aktivitas mobil serta rekomendasi yang disarankan oleh pabrikan.

  • Berdasarkan Kualitas Oli

Meskipun jarak tempuh yang belum melewati rekomendasi penggantian oli serta durasi waktu yang belum terlalu lama, Anda juga ada baiknya mengecek oli dari segi kualitas. Di kota-kota besar seperti Jakarta, kemacetan yang terjadi bisa sangat parah bahkan berjam-jam. Mesin tetap bekerja walaupun mobil dalam kondisi diam, ini juga akan mempengaruhi kualitas oli mesin. Jika sudah terlalu kotor dan tidak layak lagi, Anda harus menggantinya segera.

Berikut Kisaran Harga Ganti Oli Mobil

biaya service mobil

Perawatan merupakan kunci sebuah mobil menjadi nyaman dikendarai atau tidak. Aktivitas rutin yang wajib dilakukan tentunya ganti oli mobil ini. Informasi tentang harga harga ganti oli mobil, bisa membantu Anda mempersiapkan biaya servis yang mungkin akan dilakukan dalam waktu dekat. Berikut ini kisaran harga ganti oli mobil :

  • Toyota Avanza

Ganti oli sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, jika anda tidak biasa maka perlu ke bengkel yang menyediakan fasilitas ganti oli mobil. Untuk harganya, tergantung juga dari jenis mobil. Untuk Toyota Avanza misalnya, kisaran harga ganti oli mobil di bengkel resminya yaitu Rp300.000 sampai  Rp500.000. Biaya kuras oli Toyota Avanza berkisar antara Rp590.000 sampai Rp708.000. Biaya tersebut untuk pengurasan oli 10-12 liter.

  • Kijang Innova

Biaya ganti oli kijang Innova juga berbeda. Biaya penggantian oli berkisar di angka Rp360.000 untuk oli ukuran 4 liter. Biaya ini tergantung juga dari lokasi bengkel dan dilakukan pada bengkel resmi atau tidak. Pada bengkel resmi, tentunya ada biaya yang harus disesuaikan juga.

  • KIA Sportage III

Jika anda pemilik mobil KIA Sportage III, harga harga ganti oli mobil relatif lebih murah. Biaya untuk kuras oli sekitar Rp750.000 untuk 10 liternya. Sedangkan, jika ganti oli matic 3 liter, biaya yang dihabiskan sekitar Rp225.000. Cukup murah bagi anda pemilik kendaraan ini.

  • Porsche

Bagi anda pemilik kendaraan Porsche, tanpa biaya ganti oli akan lebih mahal. Sesuai dengan labelnya yang memang termasuk jajaran mobil mewah. Menurut Porsche Indonesia, biaya ganti olinya sekitar  Rp. 6,5 juta. Biaya jasa per jamnya adalah Rp900.000. Biaya tersebut di luar final inspection dan biaya untuk kebersihan kendaraan.

Baca Juga : Mobil Matic Nyentak

Informasi mengenai kisaran harga harga ganti oli mobil beberapa merek kendaraan memang penting diketahui. Hal tersebut sebagai bahan persiapan bagi anda untuk menyediakan uang biaya servis wajib ini. Dengan informasi di atas, semoga membantu anda cara mengganti oli agar kualitas kendaraan tetap prima.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *