Perlu Service Kompresor AC Mobil Di Mana? Cari Tau Disini

Saat AC mobil terasa tidak mengeluarkan hawa dingin di ruang kabin, mungkin terjadi kerusakan dan perlu service kompresor AC mobil untuk memastikan penyebab utama serta solusi perbaikan apa yang dibutuhkan. Ada sejumlah indikasi yang bisa mengarah pada kerusakan kompresor ini. Satu atau beberapa tanda ini bisa terjadi pada komponen. Sehingga, apabila ditemukan hal tersebut maka dapat disebut bagian kompresor mengalami kerusakan.

Kompresor adalah komponen kompleks pada kendaraan yang didalamnya terdapat piston kecil yang yang selalu bergerak saat AC dinyalakan. Karena komponen yang selalu bergerak tersebut, maka perlu oli agar mencegah terjadinya keausan. Pengecekan pertama kerusakan kompresor ini dapat terlihat apakah senantiasa basah karena oli. Jika begitu, ada kemungkinan kebocoran pada oli kompresor.

Saat Anda menemukan kebocoran oli kompresor ini, harus segera ditangani secara baik. Service kompresor AC mobil bila mengalami keadaan tersebut dilakukan dengan mengganti spare part yang menyebabkan bocornya oli, misalnya di bagian seal. Selain itu, dapat juga dilakukan pengisian oli kompresor lagi. Dengan begitu, kompresor kembali ke performa semula mencegah kerusakan lebih parah. Dengan demikian, tidak perlu mengganti kompresor secara keseluruhan.

Bunyi Kasar Di Bagian Kompresor AC Mobil

mobil bunyi nging

Jika kebocoran oli terjadi dan tidak segera diperbaiki, lama-kelamaan oli tersebut akan habis. Kompresor yang kurang oli, dapat mengakibatkan gesekan keras pada bagian di dalam kompresor dan mengakibatkan bunyi kasar. Saat hal ini terjadi, terdapat kerusakan yang lebih parah lagi yaitu terjadinya kegagalan kompresi.

Service kompresor AC mobil dan kerusakan tersebut bisa mengakibatkan biaya yang lumayan besar. Ini disebabkan kemungkinan harus ada penggantian part di dalamnya. Akan tetapi, sebelum memutuskan mengganti sparepart di dalam kompresor, sebaiknya melakukan pengecekan dahulu. Tanyakanlah apakah masih dimungkinkan diperbaiki atau tidak.

Apabila masih dimungkinkan, rasakanlah bagaimana kompresor kondisinya setelah dilakukan servis. Apabila ternyata masih kurang nyaman dan terdapat jaminan dari bengkel tempat servis tersebut, maka sebaiknya dilakukan pengecekan ulang. Jika memang tidak ada, maka mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru.

Service Magnetic Clutch

Seringkali AC mobil tidak dapat mengeluarkan udara dingin, padahal setelah di cek freon AC tidak bocor. Pada umumnya hal yang menjadi permasalahan adalah bagian kompresor, sehingga banyak yang tergesa-gesa langsung mengganti kompresornya. Padahal, sebaiknya diteliti lebih lanjut lagi dimanakah terdapat kerusakan dan perlu service kompresor AC mobil.

Pada mobil yang sudah cukup berumur, umumnya magnetic clutch AC mobil sudah mulai melemah. Bagian ini sendiri yaitu menempelkan puli kompresor sehingga pergerakan mesin bisa disalurkan ke kompresor. Jika magnetic clutch ini rusak atau lemah, puli tidak bisa lagi menempel dan kompresor tidak mampu bekerja. Mau tidak mau harus dilakukan penggantian magnetic clutch dengan yang baru.

Rekomendasi Bengkel Service Kompresor AC Mobil

bengkel mobil

Service kompresor AC mobil tentu harus dilakukan pada bengkel yang berpengalaman. Salah satu bengkel rekomendasi adalah Dokter Mobil. Disamping memiliki pengalaman dalam pengerjaan service AC mobil, terdapat pula pilihan paket paket kerusakannya misalnya freon cepat habis, AC mengeluarkan bau tidak sedap, serta AC mati. Anda juga akan dilayani teknisi yang akan menjelaskan permasalahan dan alternatif apa saja yang bisa dilakukan.

Baca Juga : Dinamo Starter Mobil Berat

Kesimpulannya, service kompresor AC mobil memang harus dilakukan pada bengkel yang sudah berpengalaman. Untuk kerusakannya sendiri jika Anda merasa sudah parah, disarankan juga untuk memikirkan budget yang cukup untuk  penggantian part yang baru. Dokter Mobil bisa menjadi solusi dengan berbagai layanannya. Akan diberikan gambaran bagi Anda mengenai kerusakan dan budget yang perlu disiapkan.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?