Sudah Tahu? 7 Tips Merawat Mesin Innova Diesel Agar Awet

Tahukah Anda bahwa mesin innova diesel merupakan mesin yang hemat dan bandel? Mesin innova diesel ini banyak diminati oleh banyak orang sebab hemat, bandel dan juga perawatannya yang mudah. Selain itu, menjamurnya mesin diesel terhitung sebab daya tahan dan torsi tenaga dari mesin yang lumayan besar. Maka tidak heran, kalau banyak kalangan penggemar otomotif yang jatuh cinta terhadap mesin mobil diesel ini.

Tetapi dengan semua ketangguhan mesin diesel tersebut, bukan berarti Anda dapat seenaknya saja membiarkan mobil Anda tanpa melakukan perawatan rutin. Sama seperti jenis mesin-mesin mobil pada umumnya, mesin mobil diesel yang tak terawat lama kelamaan juga bakal berkurang performanya, dan mengakibatkan Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perbaikan atau belanja yang baru.

Ini Dia Tips Merawat Mesin Innova Diesel

Mesin Innova DieselOleh sebab itu kali ini kami akan memberikan Anda tips paling baik untuk memelihara mesin innova diesel supaya awet dan performanya tetap maksimal. Silakan baca penjelasan di bawah ini sampai habis agar Anda bisa merawat mesin mobil diesel Anda dengan baik.

  1. Bahan Bakar

Anda kudu mengfungsikan solar yang membawa kandungan sulfur yang rendah, apalagi jika mesinnya sudah kenakan teknologi yang disebut dengan teknologi Common Rail. Solar bersulfur rendah ini bakal membuat tarikan mesin lebih ringan, mesin lebih halus suaranya, dan asap pembuangan yang muncul dari knalpot lebih bersih.

  1. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Seperti juga kendaraan yang lainnya, mobil diesel pun membutuhkan pemanasan sebelum digunakan agar dapat bekerja dengan optimal, dari suhu yang tak terlalu panas, sampai memelihara komponen dikala bergesekan gara-gara pelumasannya lebih merata.

  1. Jangan Langsung Matikan Mesin

Sehabis pulang dari perjalanan yang panjang terutama, jangan segera Anda matikan mesin mobil Anda, apalagi jika Anda mengfungsikan mesin Turbocharger. Suhu dari mesin jenis ini dapat terlalu tinggi, agar proses pendinginannya pun kudu waktu. Proses ini dilakukan mengfungsikan oli, yang dikala mobil mati, suplainya bakal terhenti. Jadi berikanlah setidaknya pas 3 menit untuk beri tambahan pas agar mesin mendingin dulu.

  1. Jaga Kondisi Filter Bahan Bakar

Agar kotoran yang masuk ke di dalam mobil tak terlalu banyak, maka saringan untuk solar ini kudu diganti tiap-tiap jarak 15.000 Km. Kalau dibiarkan, kotoran bakal menumpuk, dan solar yang masuk pun jadi tersendat. Biasanya akan ada indikator pada mobil yang menandakan jika terdapat sumbatan pada saringan. Jangan curiga untuk memperhatikannya.

Baca Juga : Penyebab Amper Panas Mobil Naik Tiba-Tiba

  1. Jaga Kondisi Saringan Udara

Udara yang banyak terlalu dibutuhkan mesin diesel agar pembakaran terjadi sempurna. Kalau sampai tersumbat, performa mesin akan jadi menurun dan bensin juga bakal semakin boros. Komponen pun jadi cepat aus gara-gara debu yang menggerusnya pas bergesekan.

  1. Jaga Kondisi Saringan Oli

Filter untuk oli juga kudu diganti tiap-tiap 10.000 Km, seperti mobil lainnya. Kalau tidak dibersihkan, maka komponen mesin diesel bakal kekurangan pelumas, membuatnya cepat rusak gara-gara aus.

  1. Volume Bahan Bakar pada Tangki

Tips terakhir untuk merawat mesin innova diesel adalah jangan sampai Anda biarkan tangki solar pada mobil mesin diesel Anda benar-benar kosong. Bahkan direkomendasi jika sudah 1/3 solar yang tersisa, Anda sebaiknya mengisinya ulang. Ini gara-gara jika bahan bakar di dalam tangki terlalu sedikit, maka kerja mesin jadi tersendat-sendat, tidak berkenan nyala, gara-gara adanya gelembung hawa di saluran bahan bakar yang berasal dari uap air gara-gara pengembunan di dalamnya. Jelas saja, performa mesin bakal turun drastis.

Yang terpenting saat merawat mesin Innova diesel adalah kedetailan. Mulai dari bahan bakar, filter pompa bahan bakar, sampai ke bagian injektor. Pastinya semua komponen harus Anda perhatikan dengan baik agar performa mesin Innova diesel kesayangan Anda selalu maksimal dan juga awet sampai bertahun-tahun.

Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu cukup untuk melakukan itu semua? Caranya mudah, Anda tinggal datangi cabang Dokter Mobil terdekat dan ajukan keluhan yang mobil Anda alami. Biarkan mekanik kami yang menangani masalah yang ada pada mesin mobil diesel kesayangan Anda. Tenang saja, jika terjadi sesuatu Anda tinggal klaim garansi dan mobil Anda akan diperiksa ulang secara gratis. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk datang ke bengkel Dokter Mobil.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *