Inilah 10 Cara Bersihkan Mesin Mobil yang Perlu Diketahui

Cara bersihkan mesin mobil yang tepat merupakan salah satu hal yang perlu Anda ketahui agar performa mesin tetap terjaga. Karena, walaupun senantiasa tertutup, ternyata ruang mesin di mobil Anda  mampu terpapar oleh debu dan juga kotoran. Lalu, bagaimana cara bersihkan mesin mobil supaya performa senantiasa terjaga? Berikut ini akan dijelaskan 10 cara bersihkan mesin mobil yang dapat membantu Anda merawat mobil kesayangan Anda.

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Cara Bersihkan Mesin Mobil

  1. Pilih Lokasi yang Tidak Terkena Matahari Secara Langsung

Cara bersihkan mesin mobil pertama adalah memilih lokasi yang ideal. Lokasi untuk membersihkan mesin mobil yang paling ideal adalah di garasi rumah Anda, meski begitu seandainya garasi amat sempit dan gelap akan sulit untuk membersihkan mesin mobil. Anda mampu mundurkan sedikit mobil, atau buat kap mesin menghadap keluar garasi. Hal ini akan mempermudah sistem pembersihan.

Mengapa mencuci mesin tidak boleh terkena matahari secara langsung? Karena dalam mesin terkandung bagian yang berbahan karet dan plastik mampu rapuh jika terkena air dan segera terkena matahari yang menyebabkan kerjanya akan menurun.

  1. Suhu Mesin Mobil Sudah Dingin

Cara bersihkan mesin mobil yang kedua yaitu memastikan bahwa suhu mesin sudah dingin. Untuk itu Anda mampu melakukannya di pagi hari saat mesin mobil masih belum dihidupkan.

Jika mobil baru dijalankan, tunggu kira-kira 30-45 menit untuk memastikan mesin mobil dalam suhu dingin. Suhu mesin yang dingin dapat memudahkan Anda untuk membersihkan mesin mobil dan menjauhi sisa arus listrik yang tersisa. Jika salah maka Anda mampu tersetrum.

  1. Pakai Alat yang Tepat

Perlengkapan mencuci bagian mobil sedikit tidak sama bersama dengan mencuci mobil. Perlengkapan yang perlu Anda mempunyai saat mencuci mobil adalah engine degreaser untuk membersihkan oli yang menempel di mesin, lap plas chamois untuk mengelap kasar terhadap bagian mesin dan lap microfiber untuk susunan lembut terhadap mesin. Semua perlu diperhatikan, mengingat mesin mempunyai karakteristik tidak sama di tiap bagiannya.

Selain itu, kamu terhitung perlu mempersiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti, air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil.

  1. Perhatikan Bagian yang Mempunyai Arus Listrik

Cara bersihkan mesin mobil yang berikutnya adalah Anda harus memperhatikan bagian yang mempunyai arus listrik. Pencucian bersama dengan air membawa efek kurang baik terhadap bagian yang membawa arus listrik, layaknya Aki. Anda mampu bungkus bagian selanjutnya bersama dengan bahan kedap air atau jika mengidamkan lebih safe copot aki. Hal ini menghambat korsleting terhadap mesin dan memicu kamu safe dari ancaman tersetrum listrik.

  1. Bersihkan Kotoran atau Debu

Setelah mesin mobil dipastikan dingin Anda mampu terasa sistem pembersihan mesin. Pada bagian ini membersihkan debu-debu atau kotoran gampang yang menempel terhadap permukaan mesin. Mulailah bersama dengan “menyapu” permukaan mesin bersama dengan kuas. Dari yang permukaannya lebar hingga ke sela-sela. Pada bagian ini Anda tak perlu mengfungsikan air.

  1. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

Sebelum membersihkan bagian mesin mobil, Anda dapat membersihkan bagian bawah kap mesin terlebih dahulu. Bagian ini mendapat giliran pertama dikarenakan letaknya yang berada di atas. Kalau bagian ini Anda bersihkan terakhir, maka kotorannya akan jatuh ke permukaan mesin yang sudah Anda bersihkan.

Anda dapat menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan bagian ini. Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel mengfungsikan sikat atau kuas. Setelah Anda puas bersama dengan hasilnya, bilas secara perlahan supaya cipratan air tak berantakan ke atas permukaan mesin. Lalu keringkan bersama dengan lap microfiber atau chamois.

Baca Juga : Rekomendasi Bengkel Service Mobil Suzuki Terdekat

  1. Pakai Steamer

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Untuk membersihkan mesin, Anda mampu fokus terhadap bagian-bagian yang mempunyai permukaan besar dan gampang terjangkau terlebih dahulu. Untuk bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan steamer, walau begitu gunakanlah steamer dengan lubang yang kecil supaya air tidak tumpah.

  1. Keringkan Komponen yang Sudah Dibersihkan

Cara bersihkan mesin mobil selanjutnya adalah mengeringkannya. Tahap ini penting untuk menjauhi karat keluar terhadap komponen-komponen mesin.

Tahap ini memadai gampang dijalankan bersama dengan mengfungsikan lap microfiber atau lap chamois. Namun ada baiknya Anda membilas permukaan mesin yang udah dicuci terlebih dahulu sebelum akan mengeringkannya.

  1. Periksa Kembali Mesin

Jika selesai mengeringkan bersama dengan lap, cek ulang bagian yang tetap basah dan terkena sabun. Jika tetap ada, usap bersama dengan kain microfiber supaya kering dan tidak mengakibatkan kerusakan permukaan mesin.

  1. Hidupkan Mesin Mobil

Cara bersihkan mesin mobil yang terakhir adalah dengan menghidupkan mesin mobil Anda. Coba Anda keringkan mesin mobil dengan cara hidupkan mesin. Menghidupkan mesin bagus untuk menghangatkan bagian-bagian yang lembab. Jangan lupa membuka kap mesin supaya air-air yang tersisa dapat menguap.

Itulah beberapa cara bersihkan mesin mobil yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bagi Anda yang tidak mau ribet, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan. Anda juga bisa melakukan service rutin maupun perbaikan mesin, service AC mobil, tune up mobil, service kaki-kaki mobil, dan lainnya.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?