6 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas

Permasalahan mobil tidak bisa distarter saat mesin panas, biasanya dijumpai pada pemilik kendaraan yang diproduksi tahun 1990 sampai 2000-an. Banyak yang kebingungan, padahal mesin mobil dalam keadaan panas tapi tetap sulit distarter. Hal ini tentunya sangat mengganggu, apalagi kalau anda sedang dalam perjalanan. Jika tidak bisa memperbaikinya, mau tidak mau harus mencari bengkel terdekat.

Biasanya, kendaraan akan mengeluarkan bunyi “cetek-cetek” disertai dinamo yang tidak mau berputar. Saat mengalami kejadian ini sebagian besar orang tentu akan panik dan kebingungan. Sebenarnya, Anda tidak perlu panik dan cobalah untuk menghubungi bengkel terdekat, mencari informasi atau bertanya apa saja penyebabnya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter saat Mesin Panas

Baik pada mobil matic maupun manual, memang ada beberapa sebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan sejumlah penyebabnya, diantaranya sebagai berikut ;

  • Permasalahan Pada Aki

permasalahan pada aki

Penyebab pertama mobil tidak bisa distarter saat mesin panas yaitu adalah aki mobil. Aki merupakan sumber tenaga listrik pada mobil dan oleh karena itu, jika terjadi kerusakan atau mati, otomatis starter tidak bisa dinyalakan walau mesin mobil panas. saat mengalaminya, yang harus pertama dicek adalah kondisi aki, apakah masih bagus atau tidak. Jika memang sudah rusak, maka mau tidak mau harus mendorongnya secara manual.

  • Kerusakan di Bagian Dinamo Starter

Penyebab lainnya mobil tidak bisa distarter saat mesin panas, bisa jadi juga karena rusaknya komponen dinamo starter. Kerusakan ini ditandai umumnya mobil dapat dinyalakan saat pagi hari, tetapi saat mesin sudah panas mobil tidak bisa distarter lagi. Kerusakan ini biasanya terjadi pada gulungan, bendix, atau arang yang sudah habis.

  • Busi Bermasalah

busi bermasalah

Sebagai bagian yang berfungsi untuk memercikkan api, busi memang sangat penting dalam proses starter sebuah mobil. Jika kondisinya tidak baik, mobil hanya dapat dinyalakan saat kondisinya dingin. Komponen ini memang rentan mengalami keausan sehingga harus diganti paling tidak tiga bulan sekali. Apalagi, dipakai dalam jarak tempuh jauh. Sesuaikan juga busi dengan tipe kendaraan.

  • Koil Rusak

Koin berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik ke dalam aki. Jika terjadi masalah pada koil, dampaknya tentu mobil tidak bisa distarter karena tegangan listrik yang timbul koil ke Aki dapat mencapai ribuan volt. Arus listrik tersebut akan mengalir ke busi dan kemudian memercikkan pijaran bunga api. Cara untuk memeriksanya adalah pegang koil secara hati-hati, dan kalau terasa panas berarti ada gangguan. Solusinya, harus diganti menggunakan platina kondenser.

  • Masalah Di Injektor Bahan Bakar

Penyebab lainnya mobil tidak bisa distarter saat mesin panas bisa juga terjadi karena masalah injektor atau pengaliran bahan bakar. Ada kemungkinan, putus atau terlepas. Gangguan pada komponen ini dapat mengakibatkan suplai bahan bakar bermasalah sehingga mesin tidak bisa nyala. Karena itu pastikan juga sistem aliran bahan bakar atau bensin jangan sampai habis.

  • Permasalahan Kompresi Bahan Bakar

Saat mobil tidak bisa distarter, periksalah apakah ada percikan api?, Jika ada, maka periksa juga kompresi bahan bakar mobil. Masalah ini disebabkan adanya hambatan pada aliran bakar yang memang terlalu rendah. Solusi masalah ini kau mau tidak mau harus dibawa ke bengkel.

Baca Juga : knalpot mobil keluar asap putih dan air

Itulah beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas yang umumnya terjadi. Jika anda mengalaminya dan tidak bisa melakukan perbaikan sendiri, sebaiknya mencari bengkel terpercaya, seperti Dokter Mobil. Dengan dukungan teknisi profesional dan peralatan yang lengkap, kepuasan menjadi jaminan saat mobil di service di bengkel Dokter Mobil.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?