Waspada! Tandanya Harus Ganti Oli Mobil Terdekat di Bengkel

Mencari bengkel ganti oli mobil terdekat dan tanda oli harus segera diganti, memang penting supaya tidak terjadi keausan berlebih. Oli merupakan aspek terpenting dalam upaya Anda merawat mobil. Dengan rutin menggantinya, akan membuat mobil bertahan lebih lama dan enak dikendarai.

Memilih bengkel ganti oli memang perlu pertimbangan tersendiri. Jangan sampai kita menerka seperti kucing dalam karung, terhadap kualitas layanan untuk kendaraan. Jika diabaikan, mobil anda tidak diberikan servis dengan baik dan bahkan dilakukan teknisi amatiran.

Kapan Saatnya Mencari Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat?

bengkel oli mobil terdekat

Ganti oli mobil terdekat sendiri, biasanya disarankan berdasarkan jarak tempuh kilometer ataupun masa pakainya. Pada umumnya, jarak tempuh setiap 1000 km atau au waktu enam bulan sekali,  disarankan untuk ganti oli. Selain itu, ada tanda Sebaiknya oli diganti, yaitu sebagai berikut:

  • Penurunan Kualitas dan Kuantitas

Ganti oli mobil terdekat bisa dilakukan saat kualitas dan kuantitasnya jauh menurun. Oli yang harus segera diganti ditandai dengan perubahan warna menjadi coklat kehitaman. Selain itu, akan terlihat keruh dan kental sehingga tidak bisa melumasi mesin secara optimal.

Baca Juga : Biaya Ganti Oli Mobil

Dari segi jumlahnya, juga akan terjadi penurunan. Anda bisa mengecek lewat indikator dipstick Apakah volume oli sudah layak diganti atau belum. Jika memang indikator menunjukkan empty, maka jangan tunda lagi mengganti oli tersebut.

  • Akselerasi Berat Dan Getaran Tinggi

Karena kualitas oli yang menurun, gesekan antar komponen mesin jadi makin tak terkendali. Gesekan tersebut yang akan mengakibatkan performa mesin menurun. Saat anda mulai menginjak pedal gas, terasa akan lebih berat dalam melakukan akselerasi.

Selain akselerasinya yang berat, getaran mesin juga akan terasa lebih kencang. Saat mesin dalam kondisi idle, getaran akan lebih intens lagi. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu dan bahkan membuat anda tidak nyaman berkendara.

  • Suara Mesin Jadi Kasar

mobil bunyi nging

Tanda berikutnya anda harus ganti oli mobil terdekat adalah jika suara mesin terasa kasar. Apalagi,  jika anda menyadari memang sudah lama tidak ganti oli. Selain getaran yang terasa keras tersebut, oli yang terlalu lama akan mengakibatkan suara berisik dan kasar.

Lihat Juga : Kapasitas Oli Mesin Avanza 1300

Kesimpulannya, mencari bengkel ganti oli mobil terdekat memang harus pada lokasi servis yang terpercaya dan berkualitas. Selain itu, Anda juga harus memahami kapan oli mobil harus diganti. Perawatan kendaraan sangat penting supaya mobil tetap enak dikendarai dan memiliki umur mesin lebih panjang.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *