Kisaran Biaya Service AC Mobil Yang Ada Sekarang Ini

Mengetahui berapakah biaya service AC mobil bisa membantu dalam merencanakan anggaran perawatan  komponennya, bahkan jika butuh diganti. Seperti mesin, AC juga butuh servis berkala supaya performanya tetap membuat anda merasa nyaman dan suhu udara tetap sejuk. Kendaraan yang sejuk akan membuat siapa saja di dalamnya jadi lebih nyaman meskipun menempuh jarak tempuh jauh.

Dari sejumlah komponen AC mobil, salah satu bagian yang paling sering mengalami kendala adalah kompresor. Jika AC sering dirawat, tentu usia kompresor ini akan lebih lama dalam mendinginkan mobil. Ujungnya, bisa meminimalisir penggantian komponen yang tentunya bisa mengurus keuangan.

Masalah Yang Kerap Terjadi Pada AC Mobil

masalah pada AC Mobil

Seiring waktu dan pemakaian, AC mobil juga bisa mengalami kendala sewaktu-waktu. Oleh karena itu, pemahaman mengenai komponen AC mobil, biaya service AC mobil, perawatan rutin, dan indikator apa saja jika terjadi masalah sebaiknya dipahami. Berikut ada empat masalah yang kerap kali ditemukan pada air conditioner ;

  • Bau AC Tidak Enak

Permasalahan di AC mobil pertama yaitu bau tidak enak yang tercium. Jika hal ini terjadi, sebenarnya bukan terjadi kerusakan pada bagian AC melainkan kotoran dan bakteri yang menumpuk pada AC saluran atau evaporator. Ini terjadi akibat kurangnya perhatian terhadap kebersihan dan jarang dilakukan service.

  • AC Berbunyi Aneh

Masalah AC mobil juga bisa terjadi dengan tanda keluar bunyi yang aneh. Bunyi tersebut seperti suara mendesis atau suara dengkuran. Ada sejumlah penyebabnya antara lain longgarnya flush bearing serta terjadi keausan pada piston.

  • AC Kurang Dingin

Keluhan terbesar pada AC mobil pastinya adalah tingkat kedinginan yang menurun drastis. Bahkan, anehnya malah mengeluarkan udara hangat. Sejumlah hal yang bisa menyebabkan nya adalah kebocoran di bagian refrigerant atau freon. selain itu Kalau mau periksa juga bagian kompresor, sekring, evaporator, serta magnetic clutch apakah terbakar.

Biaya Service AC Mobil dan Perawatan

biaya service mobil

Dalam sistem AC mobil terdapat banyak komponen yang kondisinya perlu mendapat perhatian. Salah satu bagian yang kerap bermasalah adalah freon. Anda bisa mencari informasi mengenai berapa biaya service AC mobil  ini dengan berbagai sumber yang tersedia di internet.

  • Biaya Perawatan

Kisaran biaya perawatan juga tergantung dari merk dan tipe mobil. Untuk mobil keluaran Jepang, pada umumnya servis AC berada di Kisaran Rp300.000. Beda lagi dengan mobil Eropa, biaya perawatan yang diperlukan sekitar Rp. 1,2 – 2 juta. Mobil Eropa memang cenderung memiliki komponen lebih mahal dan memang biaya perawatannya lebih tinggi.

  • Biaya Spareparts

Selain biaya biaya service AC mobil, ada juga biaya penggantian sparepart jika memang terjadi kerusakan atau harus diganti. Rincian biayanya antara lain sebagai berikut. Flusing oli kompresor sekitar Rp700.000, bagian sparepart (seal, soe, thrust bearing, dan shaft seal) menghabiskan sekitar Rp475.000.

Berikutnya, biaya magnetic clutch sekitar Rp. 380.000. Isi freon sekitar rp200.000, kuras kondensor sebesar Rp175.000, mengganti kondensor sekitar Rp500.000. Biaya receiver dryer Rp. 90.000, biaya expansion valve mulai dari Rp.200.000.

Selanjutnya, ada juga biaya fan belt sekitar Rp. 40.000, serta extra fan dimulai dari harga Rp 300.000. Penggantian evaporator mulai dari rp800.000- Rp. 1,2 juta. Selanjutnya untuk kompresor AC sendiri harganya mulai dari Rp2.000.000. Rincian ini merupakan kisaran saja dari biaya service ac mobil, adapun mungkin saja terjadi perbedaan saat Anda mengecek langsung.

Baca Juga : Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Kesimpulannya, informasi biaya service AC mobil  memang penting karena baik untuk menganggarkan dana bila perlu pergantian maupun perawatan. Anda bisa bertanya pada bengkel kepercayaan, salah satunya bengkel mobil mengenai berapa biaya perawatan AC yang terupdate. Kualitas AC yang dingin, akan membuat siapapun di dalamnya nyaman berkendara.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *