Inilah 6 Cara Mengatasi Mobil Tidak Mau Hidup Saat Distarter

Saat mobil tidak mau hidup saat distarter pasti rasanya sangat menjengkelkan, bukan? Apalagi keadaan ini terjadi saat Anda sedang terburu-buru untuk mendatangi suatu acara. Tahukah Anda, apa penyebab mobil tidak mau hidup saat distarter?

Anda tidak perlu panik ketika mobil Anda tidak mau hidup saat distarter. Karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri saat mobil Anda tidak mau hidup saat distarter. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter, seperti aki yang mengalami kerusakan, busi yang kotor, karburator kotor, dan sebagainya.

Penyebab Mobil Tidak Mau Hidup Saat Distarter

Nah, untuk lebih lengkapnya silahkan simak pembahasan di bawah ini tentang penyebab mobil tidak mau hidup saat distarter. Jangan lupa baca sampai habis agar Anda dapat memahami dengan baik.

  1. Aki Bermasalah

Mobil Tidak Mau Hidup Saat Distarter

Penyebab paling umum yang menyebabkan mobil tidak mau hidup saat distarter adalah kondisi aki. Seringkali mobil tidak mau hidup saat distarter atau mobil mogok tiba-tiba disebabkan oleh aki yang bermasalah.

  1. Rusaknya Dinamo Starter

Dinamo starter yang bermasalah juga sering membuat mobil tidak mau hidup saat distarter.

  1. Busi yang Sudah Kotor

Busi sering kali membuat mobil tidak mau hidup saat distarter. Ini gara-gara busi yang sudah usang atau kotor.

  1. Aliran Bahan Bakar Tidak Lancar

Bila mobil tidak dapat distarter selagi mesin panas, seringnya disebabkan oleh aliran bahan bakar yang tersumbat atau tidak lancar.

  1. Suhu Koil

Suhu koil yang terlampau panas juga termasuk salah satu penyebab mobil tidak mau hidup saat distarter.

Baca Juga : Manfaat Membawa Mobil ke Bengkel Servis Mobil Secara Rutin

Tips Mengatasi Mobil Tidak Mau Hidup Saat Distarter

Lalu, bagaimana langkah untuk melakukan perbaikan terhadap mobil yang tidak mau hidup saat distarter? Berikut ini akan dijelaskan tips untuk mengatasi mobil tidak mau hidup saat distarter yang dapat Anda lakukan sendiri.

  1. Periksa Aki

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat mobil tidak mau hidup saat distarter yaitu mengecek kondisi aki mobil Anda. Karena, komponen ini merupakan komponen yang amat penting dari sebuah sistem kelistrikan kendaraan. Jadi tanpa aki, mobil tidak akan sanggup berfungsi. Pemeriksaan dilaksanakan bersama dengan mengecek kondisi level air aki dan juga memeriksa tegangan listrik.

  1. Mengecek Fuel Pump

Salah satu langkah paling mudah untuk menanggulangi mobil yang tidak mau hidup saat distarter adalah dengan mengecek kondisi Fuel Pump di layar Multi Information Display (MID) yang berada di dasbor. Hal ini dapat Anda lihat pada indikator Check Engine di Speedometer yang ada di MID.

Jika komponen ini kotor, maka dapat mempengaruhi mobil pas distarter. Tetapi, untuk memeriksanya secara lengkap, sebaiknya Anda memakai jasa montir supaya dapat dibersihkan dan dikalibrasi kembali supaya mobil dapat bekerja secara efektif lagi.

  1. Periksa Kondisi Karburator

Tidak hanya itu, tips melakukan perbaikan terhadap mobil tidak mau hidup saat distarter lainnya yaitu mengontrol kondisi karburator. Tidak hanya aki, komponen ini juga merupakan komponen yang penting. Fungsinya untuk menyesuaikan sirkulasi hawa dan juga bahan bakar ke di dalam saluran hisap mesin mobil. Jika karburator kotor, maka dapat menjadi salah satu penyebab mobil tidak mau hidup saat distarter.

  1. Cek Keadaan Sekring

Jika mobil Anda mengalami masalah tidak mau hidup saat distarter, sebaiknya Anda mengecek keadaan sekring. Pengecekan ini dilaksanakan kalau Anda sudah memeriksa keadaan komponen karburator dan aki. Komponen sekring ini terbagi menjadi dua, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Periksalah kedua kutub tersebut apakah ada kabel yang putus atau tidak. Jika Anda merasa kesulitan, maka sebaiknya Anda menghubungi montir di bengkel mobil yang sudah terpercaya.

  1. Cek dan Bersihkan Busi

 

Mobil Tidak Mau Hidup Saat Distarter

 

Ausnya busi juga menjadi penyebab lain mobil tidak mau hidup saat distarter. Selain itu, jika banyak kotoran yang ada pada busi, maka dapat menahan aliran listrik. Pembersihan pada busi dapat dilakukan dengan menggosok busi memakai kain dan juga pembersih khusus. Sedangkan, jika busi menunjukan tanda-tanda kerusakan atau keausan, maka perlu segera dilakukan penggantian.

  1. Periksa Dinamo Starter

Tips terakhir untuk memperbaiki mobil yang tidak mau hidup saat distarter yang dapat dilakukan sendiri adalah dengan memeriksa kondisi dinamo starter. Komponen memiliki fungsi untuk menggerakkan roda gila terhadap dapur pacu kendaraan supaya mesin sanggup selalu berfaedah normal.

Nah, itulah beberapa penyebab dan juga tips untuk mengatasi masalah mobil tidak mau hidup saat distarter yang dapat Anda lakukan sendiri. Jika Anda merasa kesulitan, sebaiknya Anda menghubungi bengkel servis mobil yang berkualitas dan terpercaya.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *