Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel Dengan Mudah

Informasi mengenai cara mengatasi asap putih pada mesin diesel bisa memberikan gambaran dalam memperbaikinya saat mengalami kendala ini. Para pengguna jenis mesin diesel common rail pasti sudah memahami bagaimana kesengsaraan saat muncul asap putih di knalpot mobil. Membiarkan kerusakan berlarut-larut, bisa membuat area rusaknya makin meluas dan tentunya butuh biaya perbaikan yang lebih mahal.

Mobil diesel di pasaran sendiri, jumlahnya makin banyak. Kelebihan mesin ini yaitu tenaganya yang besar namun tetap irit bahan bakar. Namun, ada kekurangan jenis mobil dengan mesin diesel ini yaitu getaran mesinnya yang jauh lebih terasa dibandingkan mobil dengan bahan bakar bensin. Selain itu, kerap kali juga mobil diesel mengeluarkan asap knalpot yang berlebihan.

Faktor Penyebab & Cara Mengatasi Asap Putih Pada Mesin Diesel

Jika Anda memang pemilik kendaraan jenis diesel, tentu harus memahami bagaimana cara mengatasi asap putih pada mesin diesel. Jika Anda memang punya peralatan lengkap mungkin bisa melakukannya sendiri. Berikut kami jelaskan beberapa penyebab keluarnya asap putih serta bagaimana cara memperbaikinya:

  • Saringan Udara Yang Kotor

Apabila keluar asap putih pada knalpot, cobalah untuk memeriksa saringan udara. Saringan udara yang sudah dalam kondisi kotor, membuat udara yang masuk ke ruang pembakaran juga tercampur oleh kotoran ini. Akibatnya, proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan akhirnya keluar asap pada knalpot mobil. Asapnya sendiri bisa asap tipis, bisa juga sampai berwarna putih pekat. Solusinya, Anda tentu harus membersihkan saringan udara ini.

  • Kebocoran Oli

biaya perbaikan oli mesin mobil rembes

Cara mengatasi asap putih pada mesin diesel berikutnya yang dapat dilakukan yaitu mengecek pada kondisi ruang mesin. Perhatikanlah, apakah ada kemungkinan rembesan di sela-sela mesin kendaraan. Jika ada rembesan, mungkin ada kerusakan pada seal klep yang rusak atau sudah aus. Untuk memeriksanya, bukalah bagian atas mesin dan periksalah kondisi seal klepnya. Jika memang rusak, maka solusinya sebaiknya mengganti dengan yang baru.

  • Turbo Yang Rusak

Jika ternyata kondisi mesin kering serta seal klep masih bagus, maka periksalah pada bagian turbo. Untuk mesin diesel dengan turbo, jika bagian ini rusak, maka oli akan masuk ke bagian ruang mesin. Komponen turbo memang memerlukan oli untuk melumasi komponen – komponennya. Jika turbo ini bocor, maka oli akan ikut ke proses pembakaran dan akhirnya imbasnya mengeluarkan asap putih.

  • Bagian ECU Rusak

Asap putih juga bisa disebabkan kerusakan di bagian ECU (Electrical control unit). ECU rusak akan membuat pengaturan sistem pembakaran dengan optimal. Ini akan menyebabkan pasokan bahan bakar tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain ditandai keluarnya asap putih, konsumsi bahan bakar juga akan lebih boros.

Rekomendasi Bengkel Untuk Perbaikan Keluar Asap Mesin Diesel

bengkel mobil

Jika anda tidak memiliki peralatan dan kemampuan untuk memperbaiki sendiri, tentu saja harus mencari bengkel profesional dalam cara mengatasi asap putih pada mesin diesel. Salah satu yang banyak direkomendasikan ialah bengkel Dokter Mobil. Dengan dukungan teknisi profesional dan peralatannya yang lengkap, perbaikan terhadap masalah ini akan ditangani secara cepat.

Baca Juga : Service AC Mobil Terdekat

Kesimpulannya, mobil diesel memang punya karakteristik khas dibandingkan dengan mobil dengan bahan bakar bensin. Mesin diesel dianggap lebih hemat bahan bakar, dengan tenaga yang lebih besar. Salah satu masalah yang sering ditemui memang keluarnya asap putih dan cara mengatasi asap putih pada mesin diesel bisa dilakukan di bengkel Dokter Mobil.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?