Kapasitas Oli Avanza Berapa Liter Yang Perlu Diketahui

Bagi para pemiliknya, informasi mengenai oli Avanza berapa liter menjadi cukup penting karena untuk menyesuaikan biaya dibutuhkan sekali servis yang dilakukan. Sebagai salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia, Avanza memang memiliki kelebihan tersendiri. Selain harganya yang bisa dijangkau oleh kalangan menengah, kabinnya juga cukup luas untuk dijadikan mobil keluarga harga yang menampung hingga bisa 7-8 orang.

Perawatan mobil Avanza harus dilakukan secara rutin dengan salah satunya mengganti oli mobil secara rutin. Jika dilakukan secara teratur, akan senantiasa menjaga keawetan mesin dan membuat umurnya jadi lebih panjang. Selanjutnya, mesin yang terawat tentunya akan membuat pengalaman berkendara jadi lebih nyaman.

Resiko Oli Mobil Jarang Diganti

mesin mobil bunyi nging

Selain mengetahui oli Avanza berapa liter, mengganti oli harus dilakukan setempat waktu yang bisa dilihat dari KM yang ditempuh maupun rekomendasi dari pabrikan. Jika Anda mengabaikan hal ini akan berakibat buruk pada mobil. Pada mobil Avanza, berikut ini risiko yang akan dialami jika sangat telat atau jarang ganti oli ;

  • Mesin Yang Cepat Aus

Komponen di dalam mesin bekerja saling bergesekan pada saat kendaraan berjalan. jika tidak ada pelumas yang ada didalamnya, gesekan tersebut bisa tidak terkendali. Akhirnya, mesin terkikis karena gesekannya makin lama makin menimbulkan kerusakan. Jika tidak dikendalikan, bisa rusak bahkan mogok.

  • Boros Bahan Bakar

Risiko kedua yang akan dialami jika jarang ganti oli tentunya bisa boros bahan bakar. Mesin yang bekerja lebih berat karena tidak ada pelumasan maksimal, akan membuat semakin banyak energi yang diperlukan untuk membuat kendaraan berjalan. Energi yang semakin besar diperlukan, tentu membutuhkan bahan bakar yang semakin banyak pula.

  • Kendaraan Jadi Tidak Nyaman

Karena jarang ganti oli, kendaraan juga tentu tidak akan nyaman digunakan. Mesin jadi terasa kasar ada tidak bertenaga. Meskipun Anda tancap gas, seolah-olah tidak mampu berjalan dengan enteng. Tentunya, lama-kelamaan jika terus dipaksakan dengan kondisi oli yang yang minim, komponen dalam mesin akan jebol.

Informasi Oli Avanza Berapa Liter?

layanan service ac mobil

Informasi mengenai oli Avanza berapa liter akan membantu Anda menyesuaikan berapakah kebutuhan yang diperlukan saat servis ganti oli. Sebenarnya, hal ini bisa anda tanyakan juga kepada bengkel. Namun, jika anda ingin mengganti oli sendiri, tentunya harus paham berapa liter oli untuk sekali penggantiannya.

Kapasitas oli Avanza berapa liter, untuk transmisi manual mobil sendiri  adalah sebanyak 1,2 liter. Berbeda dengan untuk jenis oli transmisi manual. Jenis ini yang digunakan adalah Gear Oil dengan API GL-4 dengan viskositas yang dianjurkan yaitu SAE 80W dan SAE 75W-90. Untuk kapasitas oli transmisi otomatis mobil Avanza yaitu sebanyak 4,6 liter oli. Namun, jika dilakukan pengurasan penuh maka jumlahnya bisa bertambah sampai dua kali lipat.

Baca Juga : Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Sementara, untuk kapasitas oli gardan mobil Avanza differential belakang yaitu sebanyak 2,4 l. Dalam menggunakan oli gardan sebaiknya memakai Hypoid feat oil yang memakai API GL -5 dan memiliki viskositas atau kekentalan SAE 90. Pemilihan oli gardan yang tepat tentu akan membuat kinerja lebih maksimal.

Demikianlah informasi mengenai oli Avanza berapa liter yang perlu diketahui setiap pemiliknya. Mobil yang tetap terjaga kondisinya, membuat siapa saja yang ada di dalamnya jadi merasa tenang. Untuk jalan-jalan bersama keluarga, teman, atau saudara, mobil Avanza ini memang cukup cocok digunakan. Oleh karena itu, jagalah agar tetap dalam kondisi prima.

Tags:
No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?