Ini Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup dan Cara Mengatasinya

Saat mobil tidak bisa hidup, Anda pasti ingin tahu penyebab mobil tidak bisa hidup tersebut. Kebanyakan orang cenderung mengira bahwa penyebabnya karena adanya persoalan pada aki. Ketika dikerjakan pemeriksaan, ternyata aki mobil masih di dalam kondisi yang baik dan prima. Lalu, jika bukan aki yang rusak, apa penyebab mobil Anda tidak bisa hidup?

4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup

Selain aki, ternyata banyak penyebab mobil tidak bisa hidup yang lainnya. Agar kedepannya tidak panik waktu menghadapi persoalan layaknya tersebut, Anda harus mengetahui beberapa penyebabnya. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap beberapa penyebab mobil tidak bisa hidup.

  1. Baterainya Mati

Baterai mati memang jadi penyebab mobil tidak bisa hidup paling utama. Jikalau baterai mobil lemah, maka starternya mampu beralih jadi perlahan. Sementara jikalau voltase baterai mobil sudah turun tambah jauh lagi maka mobil tidak bakal menimbulkan nada saat distarter atau bahkan tidak bisa dihidupkan.

  1. Aki Mengalami Permasalahan

Aki adalah salah satu sumber tenaga paling utama untuk mobil. Sehingga jikalau aki mengalami persoalan maka mampu sebabkan mobil Anda tidak bisa dihidupkan, walau mobil Anda dapat distarter. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengutamakan untuk mengecek kondisi aki pada mobil Anda, apakah aki masih di dalam situasi yang bagus ataupun tidak. Berikutnya, pastikan juga tidak ada kabel yang rusak ataupun terputus dan jika ada kotoran pada aki Anda dapat membersihkannya.

  1. Busi Yang Bermasalah

Busi yang mengalami masalah juga merupakan salah satu penyebab mobil tidak bisa hidup. Komponen busi memang kerap aus sehingga mesti teratur diganti minimalnya tiga bulan sekali. Selain itu, bagi Anda yang pemanfaatan mobilnya kerap menempuh jarak yang jauh tiap tiap harinya, maka untuk intensitas penggantian businya sebaiknya lebih kerap (sekitar dua bulan sekali). Hal ini penting diperhatikan untuk menghambat berbagai barangkali risiko busi yang tidak layak manfaatkan sehingga sebabkan mobil tidak mampu dinyalakan.

  1. Injektor Bahan Bakar Mengalami Gangguan

Bahan bakar memang terlampau penting dijalankan pemeriksaan secara rutin. Bahan bakar yang terkuras habis juga mampu jadi penyebab mobil tidak bisa hidup dikala distarter. Tetapi, jikalau Anda sudah mengecek tidak tersedia persoalan terhadap bahan bakarnya, maka sebaiknya Anda mengecek kabel injektor bahan bakar, apakah terputus, lepas ataupun mengalami gangguan lainnya. Anda harus mengetahui, persoalan terhadap injektor ini mampu sebabkan pasokan bahan bakar jadi bermasalah. Sehingga sebabkan mobil mampu distarter namun tidak bisa hidup.

5 Cara Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Hidup Secara Mandiri

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup

Itulah tadi beberapa penyebab mobil tidak bisa hidup . Lalu, bagaimanakah cara mengatasi mobil yang tidak bisa hidup? Berikut ini akan dijelaskan 5 cara mengatasi mobil yang tidak bisa hidup sendiri.

  1. Periksa Kondisi Aki

Cara pertama yang dapat Anda laksanakan yakni mengecek keadaan aki mobil. Karena, komponen ini merupakan salah satu komponen yang penting dari proses kelistrikan mobil Anda. Jadi tanpa aki, mobil tidak akan dapat berfungsi. Pemeriksaan ditunaikan bersama dengan mengecek keadaan level air aki serta memeriksa tegangan listrik.

  1. Periksa Keadaan Fuel Pump

Cara kedua adalah memeriksa keadaan Fuel Pump di layar Multi Information Display (MID) yang berada di dashboard. Hal ini dapat diamati dari indikator Check Engine di Speedometer yang ada di MID.

Komponen ini akan mempengaruhi mobil saat distarter jika komponen ini kotor. Namun, untuk memeriksanya secara detail, sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil untuk dibersihkan dan dikalibrasi kembali supaya mobil dapat bekerja secara efektif kembali.

Baca Juga : Rekomendasi Servis Radiator Mobil Terdekat

  1. Periksa Kondisi Karburator

Bukan hanya itu, cara memperbaiki mobil tidak bisa hidup yang lainnya yakni mengontrol keadaan karburator. Sama seperti aki, karburator juga merupakan salah satu komponen yang penting dimana bermanfaat untuk mengatur sirkulasi udara serta bahan bakar ke dalam saluran hisap mesin mobil. Jika karburator kotor, maka keadaan ini akan mencegah proses starting mesin mobil.

  1. Periksa Keadaan Sekring

Saat mobil Anda tidak bisa distarter, sebaiknya Anda periksa juga keadaan sekring. Cara ini ditunaikan sekiranya Anda udah mengecek komponen aki dan karburator. Sekring terbagi menjadi dua kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Periksalah ke dua kutub ini apakah ada kabel yang putus atau tidak. Jika bingung, tidak ada salahnya untuk menghubungi bengkel mobil terdekat.

  1. Periksa Kondisi Dinamo Starter

Cara terakhir untuk memperbaiki mobil tidak bisa distarter yang dapat ditunaikan sendiri adalah bersama dengan mengecek dinamo starter. Bagian ini bermanfaat untuk mobilisasi roda pada dapur pacu kendaraan supaya mesin dapat selalu bekerja dengan normal.

Itulah tadi beberapa penyebab mobil tidak bisa hidup dan juga cara mengatasinya. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda tidak perlu panik lagi jika mobil Anda tidak bisa dihidupkan kedepannya. Jika Anda merasa kesulitan melakukan cara-cara di atas, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel mobil terpercaya. Salah satunya adalah Dokter Mobil.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Need Help?